Dipakai Mitigasi Gempa, Siswa SD Tarakanita Belajar Ilmu Geospasial

Kehadiran ilmu ini ternyata penting untuk umat manusia

Bandung, IDN Times - Geospasial atau ruang kebumian adalah aspek keruangan yang bisa menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bumi. Selain tentunya diperlukan sebagai sumber informasi guna berbagai kepentingan, geospasial juga menjadi ilmu yang nyatanya seru untuk dipelajari

Maka itu tak heran jika ilmu geospasial menjadi tema yang diterangkan Sonar Nusantara Utama ke berbagai kalangan, termasuk ketika mereka mengunjungi Sekolah Dasar (SD) Tarakanita 3, Jakarta, pada 4 Desember 2023.

Lewat program Sonar Academy, mereka memang punya sederet program dalam menjabarkan pengetahuan tentang ilmu geospasial ke kalangan pelajar.

 

1. Ilmu Geospasial hingga profesi geodetic engineer

Di SD Tarakanita 3, Esha E. Saratoga dari PT Sonar Nusantara Utama dan tim Sonar Academy menyampaikan pemaparan mengenai ilmu geospasial, dengan fokus pada pemahaman peta dan gempa bumi.

Presentasi ini dirancang untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana ilmu geospasial memainkan peran penting dalam memahami dan mengelola informasi mengenai peta dan kejadian gempa bumi.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada siswa-siswa terkait peranan profesi “Geodetic Engineer.”

2. Geospasial bukan sekadar peta, tapi jendela bagi dunia informasi

Pada para siswa, Esha menjelaskan jika geospasial bukan hanya sekadar peta, tetapi juga merupakan jendela yang membuka dunia informasi, memungkinkan manusia untuk memahami dan merespons lingkungan kita dengan lebih baik.

"Termasuk dalam konteks kejadian gempa bumi," kata Esha, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (27/3/2024). Pada umumnya, ilmu geospasial kerap diterapkan dalam merumuskan antisipasi terkait bencana alam termasuk gempa bumi di Indonesia.

Lewat kesempatan tersebut, siswa SD Tarakanita 3 Jakarta diajak untuk mengeksplorasi berbagai aspek ilmu geospasial, memberikan wawasan tentang peta sebagai alat visualisasi informasi spasial, dan pengenalan konsep dasar gempa bumi.

3. Dikenalkan konsep dasar gempa bumi

Dalam pemaparan materi tersebut, dijelaskan bahwa peran peta adalah sebagai alat visualisasi yang membantu kita menjelajahi dan memahami informasi spasial tentang letak geografis suatu daerah.

Selain itu, mereka diperkenalkan pada konsep dasar gempa bumi, menjelaskan bagaimana pergeseran energi di dalam bumi dapat menciptakan getaran tanah. Melalui kegiatan interaktif, siswa tidak hanya mengembangkan pemahaman tentang geospasial, tetapi juga menggali potensi pengetahuan yang dapat membantu mereka lebih memahami dunia sekitar dan melibatkan diri dalam eksplorasi ilmu pengetahuan.

Selama sesi presentasi, siswa SD Tarakanita 3 tampak antusias mengajukan pertanyaan, memberikan respons positif terhadap materi yang disampaikan, dan menunjukkan ketertarikan dalam memahami dunia geospasial.

Dengan bimbingan dari tim Sonar Academy, siswa-siswa diajak untuk berpikir kritis dan kreatif terkait topik geospasial yang dihadirkan.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya