Di Luar Ekspektasi, Royale Krakatau Hotel Gapai Target Pendapatan

Mereka juga telah menyiapkan acara pergantian tahun

Bandung, IDN Times - Bisnis perhotelan mulai bangkit setelah sempat lesu selama dua tahun pandemik COVID-19. Hotel mulai menggelar banyak event yang berdampak kepada melonjaknya pemasukan.

Seperti halnya yang terjadi pada neraca keuangan The Royale Krakatau Hotel. General Manager The Royale Krakatau Hotel and Convention Cilegon, Rury Ilham mengatakan, di sepanjang tahun ini pemasukan The Royale Krakatau Hotel sudah hampir mencapai 95 persen dari target.

“Ini sesuatu yang luar biasa di mata saya, mengingat di awal tahun kita membuat target sama sekali tidak mempertimbangkan outlook dan lain-lain. Kami langsung menetapkan angka yang diharapkan,” tutur Rury, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Senin (12/12/2022).

“Sekarang ketika 2022 tinggal tiga pekan lagi, target sudah mencapai 92 persen. Kami perkirakan hingga akhir tahun bisa mencapai 97 persen. Sama sekali di luar dugaan,” katanya.

1. Pemasukan terbesar bersumber dari MICE

Di Luar Ekspektasi, Royale Krakatau Hotel Gapai Target PendapatanDi Luar Ekspektasi, Royale Krakatau Hotel Gapai Target Pendapatan (IDN Times/Istimewa)

Rury mengungkapkan, pemasukan paling besar berasal dari MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhebition). Bagaimana tidak, kata dia, The Royale Krakatau merupakan satu-satunya hotel di Cilegon yang mempunyai convention yang besar serta kamar hotel yang banyak.

“Hotel memang banyak di Serang tapi tidak semua yang punya convention itu punya banyak kamar. Ini yang membedakan kami dengan hotel lain. Selain itu, kami juga memiliki restoran dengan menu makanan yang luar biasa. Jadi, para tamu juga bisa merasakan kenikmatan makanan yang kami hidangkan,” tutur Rury.

Secara presentasi, MICE hotel tersebut menyumbang 60 persen dari target pemasukan, sisanya 35 persen dari kamar, dan 5 persen dari lain-lain.

2. Pertumbuhan pemasukan melonjak 50 persen

Di Luar Ekspektasi, Royale Krakatau Hotel Gapai Target PendapatanIlustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Rury menambahkan, pertumbuhan pemasukan hotel di tahun ini naik hampir 50 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu, pemasukan hotel ada di angka Rp38 miliar dan sampai Desember 2022 pemasukan ditargetkan di angka Rp56 miliar.

“The Royal Krakatau Hotel memang cocok untuk bisnis dan juga leisure. Kami memberikan servis yang sangat bagus kepada para tamu. Efek dominonya ternyata luar biasa,” kata Rury.

Salah satu fasilitas lain yang dimiliki The Royal Krakatau Hotel adalah area outdoor yang bisa dipakai untuk acara gathering atau team building.

3. Siapkan acara di malam tahun baru

Di Luar Ekspektasi, Royale Krakatau Hotel Gapai Target Pendapatanunsplash.com/mitchorr

Rury bercerita, dengan semua fasilitas yang dimiliki The Royale Krakatau mulai dari convention, restoran Surosowan, serta fasilitas olahraga yang lengkap, tamu mulai banyak berdatangan.

“Waktu itu kami pernah punya tamu salah satu direktur bank besar di Indonesia. Dia menyicipi makanan di Surosowan dan ternyata cocok. Dia langsung memberikan informasi itu kepada yang lain dan bisa membuat pihak lain tertarik untuk mencoba,” ujar Rury, bercerita.

Sementara dalam rangka menyambut malam pergantian tahun, The Royale Krakatau juga sudah menyiapkan acara khusus dengan tema movie style. Kata Rury, konsepnya semacam pesta kostum yang akan diiringi grup musik terkenal di Serang yaitu Bubble Symphony.

“Kami menyiapkan 400 pax untuk acara Tahun Baru dengan harga mulai dari Rp1,25 juta per orang. Paket itu termasuk gala dinner, menginap di kamar superior dan juga tiket waterpark plus pizza terbaru dari Surosowan,” katanya.

Baca Juga: Libur Nataru, Hunian Kamar Hotel di NTB Diprediksi Naik 30 Persen 

Baca Juga: Waspadai Gangguan Depresi pada Masa Pandemi COVID-19

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya