Cara BINUS Bikin Lulusannya Cepat Diserap Industri

BINUS juga fokus pada industri startup

Bandung, IDN Times – Tidak sedikit ahli yang berujar bahwa dunia perguruan tinggi di Indonesia tengah menghadapi tantangan dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mudah diserap oleh industri. Bagaimana tidak, sering kali timbul ketidakcocokan antara lulusan perguruan tinggi dan kebutuhan industri.

Hal ini mendorong perguruan tinggi di Indonesia agar mampu membangun kurikulum serta menciptakan program yang secara nyata dapat mempersiapkan lulusan, bahkan sedari di bangku perkuliahan.

Tidak hanya itu, disrupsi teknologi yang saat ini terjadi di dalam era Revolusi Industri 4.0, juga wajib menjadi perhatian agar para lulusan perguruan tinggi memiliki keterampilan dalam ekosistem digital saat ini.

Berbagai hal tersebut mendorong perguruan tinggi untuk memperbarui keterhubungan antara SDM dengan industri melalui kurikulum dan program-program yang diberikan.

1. Mengenal program (2+1)+1

Cara BINUS Bikin Lulusannya Cepat Diserap IndustriBinus University (IDN Times/Istimewa)

Memahami hal tersebut, perguruan tinggi wajib hadir dengan inovasi-inovasi dalam kurikulum pembelajaran, dan melalui program- program di luar pembelajaran dalam kelas. Salah satunya adalah Program (2+1)+1 yang digagas oleh BINUS University untuk mendukung mahasiswanya agar siap terjun dalam industri, bahkan sejak sebelum mereka lulus.

“Program (2+1)+1 sendiri merupakan program unggulan yang salah satunya terdiri dari Enrichment Program, di mana mahasiswa dapat memilih untuk menjalankan magang atau internship, ataupun merintis usaha,” kata Prof. Harjanto Prabowo, Rektor BINUS University, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (29/6/2022).

2. BINUS percaya mahasiswanya mampu bekerja sebelum wisuda

Cara BINUS Bikin Lulusannya Cepat Diserap IndustriIlustrasi mahasiswa (IDN Times/Mardya Shakti)

Tidak hanya itu, Harjanto menjelaskan bahwa mahasiswa BINUS juga dapat memilih untuk melakukan riset, studi lanjut, pengembangan komunitas, studi ke luar negeri, dan studi independen spesifik.

Dengan adanya kesempatan untuk masuk ke dalam berbagai perusahaan multinasional melalui internship, mahasiswa Binus University pun dibekali dengan keterampilan untuk memecahkan masalah secara langsung dalam industri.

“Dengan begitu, program-program itu dipercaya semakin mendukung mahasiswa untuk mendapatkan pekerjaan sebelum mereka wisuda,” ujar dia.

3. Binus juga ingin jembatani mahasiswa dengan venture capital

Cara BINUS Bikin Lulusannya Cepat Diserap IndustriIlustrasi Startup (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain itu, ada pula kesempatan untuk membangun usaha startup, yang didampingi oleh para ahli dari pelaku bisnis, yang juga bisa dimanfaatkan untk menjembatani mahasiswa dengan para venture capitalist.

Saat ini, sebesar 75 persen daripada lulusan BINUS University telah bekerja di perusahaan nasional dan multinasional dalam kurun waktu enam bulan sebelum di wisuda.

Selain itu, tidak sedikit pula mahasiswa mereka yang berhasil mebangun startup, yang telah berkembang menjadi besar, antara lain adalah deretan startup yang digarap Willson Cuaca, co-founder dari East Ventures, dan Raymond Chin, CEO Ternakuang.

4. Menanam jiwa entrepreneurship pada mahasiswa

Cara BINUS Bikin Lulusannya Cepat Diserap IndustriIlustrasi Pixabay

Di sisi lain, kurikulum yang menjadi acuan pembelajaran dalam kelas pun dirancang untuk mampu menghidupkan diskusi yang berujung pada pemecahan masalah yang nyata dalam industri.

Jurusan-jurusan baru yang relevan untuk ekosistem digital terus dihadirkan, dan di saat bersamaan, merevitalisasi jurusan-jurusan yang sebelumnya dianggap tidak relevan dalam industri 4.0.

"BINUS University terus membangun kapasitas agar para mahasiswa menjadi talenta unggul di bidang keahlian masing-masing, sekaligus di bidang IT terapan. Jiwa entrepreneurship sangat kuat dikembangkan dan dimiliki lulusan kampus ini,” katanya.

Baca Juga: Kolaborasi dengan Jepang, Yuk Intip 3 Program di Sekolah Teknik Binus!

Baca Juga: BINUS Tawarkan Lulus Cepat dengan Tukar Masa Kerja

Baca Juga: Ada Binus, 6 Kampus Dalam Negeri dengan Lulusan Siap Kerja

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya