Bisnis Kuliner Tak Perlu Modal Besar? Ini Kata Chef Haryo

Kegiatan ini diharap bisa tumbuhkan jiwa wirausaha

Bandung, IDN Times – Perayaan ulang tahun PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) yang pertama berlangsung cukup meriah dengan gelaran demo memasak bersama Chef Haryo Pramoe kepada persatuan istri karyawan (Periska) KSP. Acara tersebut berlangsung di restoran The Surosowan, Cilegon, pada Rabu (14/9/2022).

Uniknya, Chef Haryo tidak hanya mengajarkan bagaimana cara mengolah makanan yang lezat dan enak disantap. Lebih daripada itu, ia membuka pemahaman peserta cooking demo-nya bahwa bisnis kuliner menjadi salah satu pilihan yang menarik saat ini.

Kegiatan ini diikuti oleh 220 peserta yang terdiri dari masyarakat Cilegon, anggota Periska KSP, hingga istri Walikota Cilegon Hany Helldy Agustian dan istri Kapolres Cilegon Novi Eko Tjahjo Untoro.

1. Menjelaskan tak semua usaha kuliner perlu modal besar

Bisnis Kuliner Tak Perlu Modal Besar? Ini Kata Chef HaryoBisnis Kuliner Tak Perlu Modal Besar? Ini Kata Chef Haryo (IDN Times/Istimewa)

Chef Haryo menjelaskan bahwa kelas masak yang ia pimpin memang berusaha untuk memberi pemahaman yang lebih dari dunia kuliner. Ia juga menekankan bahwa tidak selamanya berbisnis kuliner harus melibatkan modal yang besar.

“Ini adalah kelas masak yang menunjukkan bagaimana memulai usaha dengan niat yang baik dan modal yang kecil. Jangan berpikir membuka restoran (yang biasanya memerlukan modal besar), tapi kita mulai dari yang kecil seperti menjual aci goreng, siomay, batagor, hingga mie goreng. Resep itu harus diulang-ulang sampai mendapatkan resep yang enak,” kata Chef Haryo, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (14/9/2022).

Dengan berbagai pengalaman itu, pria yang dikenal kerap menghiasi layar kaca dalam beberapa program acara kuliner tersebut berharap agar masyarakat dan anggota Periska KSP mulai berani untuk terjun langsung ke bisnis kuliner, dengan ilmu manajemen yang baik serta yang modal cukup.

Kepada para peserta, Chef Haryo menjelaskan bagaimana cara memasak pizza, beef steak dan kiwilicious yang merupakan menu andalan yang ada di restoran The Surosowan.

2. Berharap peserta dapat ambil manfaat

Bisnis Kuliner Tak Perlu Modal Besar? Ini Kata Chef HaryoInstagram.com/mbok_jilah

Ketua Periska KSP, Novi Djajakusuma, berharap agar para peserta bisa memetik manfaat dari apa yang sudah dipraktikan Chef Haryo. Ia menilai bahwa kegiatan cooking demo dan entrepreneurship ini dapat berdampak positif buat peserta.

“Periska menginisiasi acara cooking demo pada hari ini khususnya untuk masyarakat Cilegon guna melatih kemampuan mereka dalam memasak beberapa jenis menu makanan, selain juga belajar entrepreneurship usaha kuliner dengan Chef Haryo yang sangat ahli di bidangnya,” tutur Novi.

3. Berencana terbang ke Bali untuk sharing soal pemberdayaan perempuan

Bisnis Kuliner Tak Perlu Modal Besar? Ini Kata Chef HaryoBisnis Kuliner Tak Perlu Modal Besar? Ini Kata Chef Haryo (IDN Times/Istimewa)

Di sisi lain Novi berencana merutinkan kegiatan yang melibatkan anggota Persika KSP seperti ini. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan akan mengunjungi Pemda Bali untuk urusan pemberdayaan perempuan.

“Ke depan, kami akan aktif berpartisipasi dalam melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Cilegon dan sekitarnya. Periska PT KSP rencananya akan melalukan kegiatan itu pada Oktober mendatang, yakni dengan mengunjungi Pemda Bali bekerjasama dengan forum pemberdayaan perempuan Indonesia kota Denpasar,” ujarnya.

Baca Juga: Dampak Kenaikan BBM, Bisnis Kuliner Dikhawatirkan Merosot

Baca Juga: 6 Series dan Film tentang Bisnis Kuliner yang Dinilai Realistis  

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya