Bagikan Tips Bisnis, Istri Sandiaga Uno: Jangan Mudah Putus Asa

Bisnis makeup semipermanen sedang digandrungi di Indonesia

Bandung, IDN Times - Di tengah ketidakpastian situasi ekonomi yang kian meningkat, apalagi dengan prediksi akan adanya resesi ekonomi global di tahun 2023, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu penyelamat ekonomi kita. Di Indonesia, UMKM dilakoni oleh berbagai macam masyarakat, termasuk di antaranya kaum perempuan.

Salah satu bisnis yang sedang naik daun diminati kaum hawa ialah sulam kecantikan. Bagaimana tidak, faktanya, kebutuhan akan profesional sulam alis, sulam bibir, dan sulam garis mata tidak pernah berkurang. Itu terjadi lantaran permintaan pasar terhadap layanan ini terus meningkat, mengikuti tren kecantikan yang juga berkembang.

Hal tersebut menjadi pembahasan Pertaspi (Perkumupulan Ahli Tata Rias Semipermanen Indonesia) pada pertengahan pekan lalu.

Mereka menggelar webinar yang dihadiri oleh empat pembicara antara lain Anggie Rassly, Ketua Pertaspi, pengusaha, dan profesional makeup semipermanen; Nur Asia Uno, istri dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; dr. Irene, dokter medis dan pengusaha (Yu Clothing Line dan Eating Habit); dr. Sherryn, dokter medis lulusan Johns Hopkins University dan Peking University.

1. Jangan putus asa dan harus terus berinovasi

Bagikan Tips Bisnis, Istri Sandiaga Uno: Jangan Mudah Putus AsaBagikan Tips Bisnis, Istri Sandiaga Uno: Jangan Mudah Putus Asa (IDN Times/Istimewa)

Nur Asia Uno berbagi tipsnya sebagai pengusaha UKM yang sukses. Menurut dia, seorang pengusaha mesti pandai beradaptasi dan menangkap setiap peluang bisnis yang ada.

“Pengusaha juga harus punya kemampuan berinovasi terhadap jasa yang dijual, dan mau belajar terus untuk menjaga kualitas adalah hal-hal penting untuk memulai sebuah usaha,” kata Nur Asia, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Jumat (18/11/2022).

Selain itu, lanjut Nur, sebagai seorang istri, pengusaha perempuan juga tidak boleh lupa untuk melibatkan peran suami dalam memberikan masukan agar bisnis direstui dan lancar.

“Saya juga menerapkan filosofi bisnis dari Bapak Sandiaga Uno dalam menjalankan bisnis sehari-hari. Bahwa sebagai pengusaha, kita harus selalu kerja keras menjemput bola, kerja cerdas memilih prioritas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas. Maka hasilnya pasti akan lebih positif,” tuturnya.

2. Pengusaha harus siap hadapi kegagalan

Bagikan Tips Bisnis, Istri Sandiaga Uno: Jangan Mudah Putus AsaIDN Times/Rully Bunga

Di sisi lain, kata Nur, kegagalan merupakan hal yang lumrah dalam perjalanan sebuah bisnis. Seperti halnya berkarier di bidang lainnya, berbisnis juga mengalami suka juga duka.

“Maka itu jangan putus asa kalau gagal, selalu mencoba membaca peluang lain, mengasah terus kemampuan menganalisa pasar, mencari ide untuk berkolaborasi, dan meningkatkan skill dengan mengikuti seminar atau pelatihan,” ujar Nur Asia Uno.

Ia pun memaparkan kekuatan di balik Nur Corner, bisnis makanan yang dilakoninya saat ini. Menurut dia, Nur Corner ada karena hadirnya kekuatan women through dengan mengajak para ibu-ibu lainnya untuk berbisnis makanan.

“Oleh karena itu, kita harus tetap semangat, jangan pernah lelah, harus berani bermimpi setinggi-tingginya, dan tetap optimis menjalankan bisnis kita,” tuturnya.

3. Betapa pentingnya SOP bagi bisnis kecantikan

Bagikan Tips Bisnis, Istri Sandiaga Uno: Jangan Mudah Putus AsaPexels/Ana Maria Moroz

Terkait dengan bisnis makeup semipermanen yang sedang naik daun, dr. Irene menjelaskan, pengusaha daripada bidang tersebut mesti paham tentang SOP dan higienitas yang diperlukan. Dengan memahami hal-hal tersebut, pengusaha bisnis kecantikan dapat memiliki kepercayaan dari para pelanggannya.

“Ruang kerja yang bersih, alat-alat yang digunakan steril, pakaian pelindung yang lengkap (masker dan sarung tangan), dan pembuangan limbah medis yang benar, sudah harus menjadi hal standar yang diterapkan jika ingin berbisnis di bidang ini,” ujar dr. Irene, dalam siaran pers yang sama.

Tak hanya itu, para profesional di bidang makeup semipermanen juga diharapkan memiliki pengetahuan dasar terhadap jenis kulit, kondisi kulit, alat-alat yang digunakan, dan kondisi customer sebelum memberikan jasa layanan sulam kecantikan.

“Misalnya, apakah kulit pelanggan mudah alergi, kulitnya habis peeling, kulitnya berjerawat, apakah sedang hamil, atau sedang mengonsumsi obat tertentu, perlu dicek terlebih dahulu sebelum pengerjaan," katanya.

4. Langkah pertama ialah dapatkan kepercayaan customer

Bagikan Tips Bisnis, Istri Sandiaga Uno: Jangan Mudah Putus Asagphairsalonanddayspabrooklyn.com

Sementara menurut dr. Sherryn, faktor yang tidak kalah penting dalam bisnis di bidang makeup semipermanen adalah pemahaman terhadap berbagai jenis tinta yang akan digunakan, juga kesadaran diri untuk selalu menggunakan alat-alat kerja yang sudah bersertifikat FDA (Food and Drugs Administration) Approved.

“Dengan protecting yourself and respect your customer melalui konsistensi higienitas ini, maka para profesional makeup semipermanen akan sanggup bertahan dan semakin sukses di bisnis ini,” ujarya.

Hal tersebut disepakati Anggie Rassly, salah satu pengusaha sulam kecantikan yang populer di Indonesia. Ia mengemukakan jika langkah awal untuk sukses di bidang ini adalah bagaimana mendapatkan kepercayaan customer.

“Apabila kita mampu melihat peluang, menjaga kualitas layanan, rajin menambah ilmu melalui pelatihan, dan terus berkembang sesuai permintaan pasar, maka hasil sulamnya akan lebih bagus dan banyak diminati customer,” kata Anggie.

Jika kepercayaan sudah didapatkan, lanjut Anggie, customer akan datang lagi dengan sendirinya.

Baca Juga: Kreasi Cantik Sulam Pita Etty Lubis, Diminati hingga Mancanegara

Baca Juga: Mengenal Sulam Bibir Kristal, Bikin Bibir Merah Alami Tanpa Lipstik

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya