Ada Ridwan Kamil, Pocari Sweat Run 2022 Diikuti 20 Ribu Pelari

Emil ditemani Ganjar Pranowo hingga Bima Arya

Bandung, IDN Times – Bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pocari Sweat menggelar Pocari Sweat Run Indonesia 2022 pada Minggu (24/7/2022). Setelah dua tahun acara serupa harus vakum karena pandemi, kegiatan itu digelar dan menyedot perhatian masyarakat khususnya pecinta olahraga lari.

Tak tanggung-tanggung, menurut data yang dihimpun penyelenggara, Pocari Sweat Run Indonesia 2022 berhasil diikuti oleh sekitar 20 ribu pelari yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Meski digelar secara offline di Bandung, Pocari Sweat Run Indonesia 2022 pun berlangsung secara hybrid di banyak penjuru Indonesia.

1. Ada 5.000 orang tumplek di Kota Bandung

Ada Ridwan Kamil, Pocari Sweat Run 2022 Diikuti 20 Ribu PelariPocari Sweat Run 2022 Diikuti 20 Ribu Pelari (IDN Times/Istimewa)

Menurut Puspita Winawati, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Pocari Sweat Run Indonesia merupakan acara tahunan yang memang kerap mengundang atensi. Bahkan, kata dia, dari tahun ke tahun, jumlah peserta lari Pocari Sweat Run Indonesia selalu meningkat.

“Semakin banyak masyarakat Indonesia yang tergerak untuk selalu bergerak aktif dan menjalani pola hidup yang lebih sehat,” katanya, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Minggu (24/7/2022) malam.

Tahun ini, lanjut Wina, sekitar 5.000 peserta tumplek di jalanan Kota Bandung dan didukung juga oleh 13.601 peserta yang tersebar di 311 kota di seluruh Indonesia.

“Tentunya, kampanye #saferunning setiap tahunnya selalu konsisten kami gaungkan karena keselamatan para pelari adalah yang utama. Secara protokol kesehatan, kami mengikuti aturan-aturan yang telah ditentukan oleh Satgas COVID Kota Bandung,” tutur Puspita.

2. Ridwan Kamil utarakan dukungan untuk Pocari Sweat Run Indonesia 2022

Ada Ridwan Kamil, Pocari Sweat Run 2022 Diikuti 20 Ribu PelariPocari Sweat Run 2022 Diikuti 20 Ribu Pelari (IDN Times/Istimewa)

Di sisi lain, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang turut berlari di Pocari Sweat Run Indonesia 2022 mengatakan bahwa kegiatan tersebut berdampak secara ekonomi kepada masyarakat sekitar, khususnya Kota Bandung.

Maka itu sebagai pimpinan daerah, ia akan mendukung kegiatan serupa.

“Saya sangat mendukung kegiatan Pocari Sweat Run Indonesia 2022 dengan skala offline yang lebih besar dari tahun lalu. Tentunya kegiatan ini akan berdampak baik terhadap perekonomian di Jawa Barat, khususnya di Kota Bandung."

"Saya menyaksikan langsung inovasi yang terus dilakukan Pocari Sweat sehingga acara ini bisa terus menciptakan standar baru bagi event-event olahraga di Indonesia,” ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kami.

3. Ada kegiatan memilah sampah

Ada Ridwan Kamil, Pocari Sweat Run 2022 Diikuti 20 Ribu PelariPocari Sweat Run 2022 Diikuti 20 Ribu Pelari (IDN Times/Istimewa)

Keseruan serupa kabarnya terjadi di berbagai daerah lain di Indonesia. Setidaknya hal itu yang diutarakan Joni, peserta virtual Pocari Sweat Run Indonesia 2022 yang berlari bersama komunitasnya di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Berkat konsep inovatif Pocari Sweat Run Indonesia 2022, kita bisa terhubung dengan pelari di Bandung melalui live streaming. Jadi tetep ngerasain deg-degan yang sama meskipun berlari di kota masing-masing,” tutur Joni.

Setali tiga uang bagi Najwa Shihab, co-founder Narasi. Ia mengatakan bahwa ada aksi memilah sampah sambil berlari yang tentu merupakan aktivitas positif.

“Hari ini saya berlari 10 km dan saya menyaksikan sendiri pelari diajak untuk memilah sampah sejak sebelum start sampai finish. Saya berharap gerakan peduli lingkungan ini bisa berkontribusi untuk membawa perubahan dan pelari bisa menginspirasi orang-orang di sekitarnya,” tutur Najwa.

Selain Emil dan Najwa, ada beberapa tokoh populer di Indonesia yang datang ke Bandung untuk mengikuti kegiatan ini di antaranya ialah Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Yana Mulyana (Wali Kota Bandung), Sahrul Gunawan (Wakil Bupati Bandung), Bima Arya (Wali Kota Bogor), dan atlet Born to Sweat Pocari Sweat: Agus Prayogo, Daniel Mananta, Alya Rohali, Sahila Hisyam, Soraya Larasati, dan Zee Zee Shahab.

Baca Juga: Momen Istri Ganjar Pranowo Ikut Full Marathon 42K di Pocari Sweat Run

Baca Juga: Pocari Sweat Run Bandung, Adu Kuat Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil di 10K

Baca Juga: Pocari Sweat Run, Langkah Mengggeliatkan Ekonomi Lewat Sport Tourism

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya