Ada Abdel Vs Denny Cagur, UT Gelar Turnamen Tenis Meja Pelajar

UT mencari bibit unggul dari atlet tenis meja muda

Bandung, IDN Times - Universitas Terbuka (UT) kembali menggelar Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional pada 26-28 Agustus 2022, bertepatan dengan hari ulang tahun mereka yang ke-38. Turnamen ini memperebutkan Piala Rektor Universitas Terbuka, dan Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN).

Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat mengatakan, turnamen ini mempertandingkan empat kategori yaitu kategori Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Perguruan Tinggi.

Hadiahnya tak main-main, yakni total Rp112 juta. Saat ini, sudah ada 546 orang yang daftar untuk ikut turnamen ini.

“Jadi pelajar putra-putri dari empat kategori tersebut bisa mendaftar untuk mengikuti turnamen ini. Universitas Terbuka terus berupaya mencari bibit baru atlet muda tenis meja dengan cara menggelar turnamen tingkat pelajar dan mahasiswa,” kata Ojat, dalam siaran pers yang diterima, Jumat (26/8/2022).

1. UT memang ditunjuk sebagai pusat pembibitan atlet tenis meja

Ada Abdel Vs Denny Cagur, UT Gelar Turnamen Tenis Meja PelajarUT gelar turnamen tenis meja antarpelajar (IDN Times/Istimewa)

Menurut Ojat, UT sudah ditetapkan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi sebagai pusat pembibitan atlet tenis meja, baik di jenjang pendidikan dasar, menengah mau pun pendidikan tinggi.

Dengan pembibitan yang berjenjang, ia optimistis akan lahir calon atlet yang tidak hanya berprestasi di tingkat nasional tapi juga internasional.

“Kami percaya banyak bibit-bibit muda yang bisa didapatkan dari turnamen ini yang punya masa depan sebagai atlet nasional,” ujar Ojat.

2. Turnamen menekankan sportivitas dalam bertanding

Ada Abdel Vs Denny Cagur, UT Gelar Turnamen Tenis Meja PelajarUT gelar turnamen tenis meja antarpelajar (IDN Times/Istimewa)

Ojat menambahkan, turnamen tenis meja pelajar ini juga merupakan wujud nyata kepedulian UT dalam mencari atlet muda baru. Baginya, UT bukan hanya pelopor dalam pendidikan jarak jauh, tetapi juga sebagai wahana untuk menemukan dan melatih atlet-atlet muda berprestasi.

Tahun ini, tema dari turnamen tenis meja pelajar Universitas Terbuka 2022 adalah “Menjunjung Tinggi Sportivitas, Menuju Kemandirian dan Profesionalisme.” Tema ini, kata Ojat, dipilih untuk mengingatkan atlet muda bahwa sportivitas adalah segalanya di dunia olahraga.

“Menang dan kalah adalah hal yang lumrah di dunia olahraga. Menang bukan satu-satunya tujuan akhir, tapi bagaimana atlet muda menjunjung sportivitas yang tinggi untuk meraih kemenangan itulah tujuannya. Atlet bukan hanya mengejar good winner tapi juga a good loser,” tuturnya.

3. Ada Cing Abdel vs Denny Cagur

Ada Abdel Vs Denny Cagur, UT Gelar Turnamen Tenis Meja PelajarIlustrasi Tenis Meja (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Pada turnamen tenis meja tahun ini, UT bersama Bank Tabungan Negara juga menghadirkan partai eksebisi antara atlet dan artis di mana Cing Abdel yang berpasangan dengan Gilang Maulana, akan berhadapan melawan Denny Cagur dengan Bima Abdinegara.

"Terima kasih untuk Rektor Universitas Terbuka yang menggelar turnamen pelajar Nasional Rektor Cup 2022. Perkembangan pingpong saat ini antusiasnya sudah sangat baik. Semoga ini membuka mata pengurus PTMSI untuk berbenah dan membuat banyak turnamen serupa sehingga ping-pong semakin dikenal dan juga digemari oleh masyarakat kita," ucap Cing Abdel.

Setali tiga uang, Denny Cagur juga berharap turnamen tenis meja yang dibikin UT dapat memicu munculnya turnamen-turnamen lain.

"Harapan saya tidak hanya menggairahkan olahraga tenis meja, tapi lewat turnamen antar pelajar ini bisa menjaring bibit-bibit baru," tutur Denny Cagur.

Baca Juga: 8 Tujuan Permainan Tenis Meja yang Bisa Dijadikan Motivasi 

Baca Juga: 5 Manfaat Tenis Meja yang Harus Diketahui, Bisa Jadi Hiburan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya