5 Alasan Seseorang Menyakiti Sosok yang Dicintai, Sengaja atau Tidak

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

Ketika kita berada dalam suatu hubungan, ada kemungkinan kita akan melukai orang-orang yang kita cintai. Hal tersebut bisa dilakukan secara sadar atau tidak. Terkadang, hal itu dilakukan untuk kebaikan orang tersebut atau bahkan diri kita sendiri.

Orang tertentu juga ada yang bertahan dalam hubungan yang menyakiti karena mencintai pasangannya. Namun, apa alasan mereka menyakiti orang yang dicintainya?

1. Tidak menyukai diri sendiri

5 Alasan Seseorang Menyakiti Sosok yang Dicintai, Sengaja atau Tidakpexels.com/@ketut-subiyanto

Saat seseorang tidak menyukai dirinya, ia belum bisa menerima diri sendiri secara utuh. Ia cenderung memperlakukan orang lain seperti ketidaksukaan kepada dirinya. Ia merasa orang lain harus merasakan luka seperti dirinya.

Seseorang yang seperti ini, biasanya pernah disakiti di masa lalu. Solusinya, mereka harus mendapat bantuan dari profesional agar tidak mengulangi pola yang sama ke orang lain.

2. Memiliki empati yang rendah terhadap orang lain

5 Alasan Seseorang Menyakiti Sosok yang Dicintai, Sengaja atau Tidakunsplash.com/@louishansel

Beberapa orang memang memiliki rasa empati yang rendah. Ia sulit mencoba memahami perasaan orang lain dari sisi yang tersakiti. Hal ini berarti ia sulit memahami sejauh apa sakit yang disebabkan olehnya.

Hal yang menyakiti orang lain, belum tentu menyakiti dirinya sehingga orang terdekatnya bisa merasa frustasi karena merasa tidak dipahami. Komunikasi adalah kunci dalam hal ini. Buatlah aturan dan komunikasikan apa perlakuan yang bisa dan tidak diterima!

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Masih Mengharapkan Dia yang Pernah Menyakiti Hatimu

3. Mempunyai harga diri yang rendah

dm-player
5 Alasan Seseorang Menyakiti Sosok yang Dicintai, Sengaja atau Tidakunsplash.com/@mahkeo

Penghargaan diri atau self-esteem berkaitan dengan cara seseorang memandang dirinya sendiri. Mereka tidak menyadari bagaimana sikap tidak menghargai diri sendiri ini, bisa menyakiti orang lain.

Kalau kamu melihat hal ini ada di dalam diri orang yang kamu cintai, kamu harus bisa mengungkapkan kalau ia penting untuk kamu. Utarakan hal tersebut sehingga ia mengerti dan tahu bahwa seseorang menghargainya dengan baik.

4. Menikmati rasa sakit yang ditimbulkan kepada orang lain

5 Alasan Seseorang Menyakiti Sosok yang Dicintai, Sengaja atau Tidakpexels.com/@vera-arsic-304265

Ada orang yang memang menikmati proses menyakiti orang lain. Hal ini biasanya disebabkan oleh masa kanak-kanak yang buruk dan menimbulkan potensi untuk bersikap kasar.

Mereka ingin mempunyai kontrol atas hidup orang lain sehingga cenderung menyakiti orang lain. Dengan demikian, rasa sakit yang pernah dirasakannya bisa impas. Orang dengan perilaku seperti ini memerlukan bantuan khusus, bukan kamu yang harus mengubahnya.

5. Mempunyai rencana untuk menyakiti

5 Alasan Seseorang Menyakiti Sosok yang Dicintai, Sengaja atau Tidakpexels.com/@jonathanborba

Tidak semua orang menyakiti orang lain dengan tidak sengaja. Ada orang yang sengaja ingin menyakiti sehingga merasa berkuasa atas orang lain. Ia ingin kamu menjadi orang dalam posisi lemah sehingga bisa mendominasi hubungan itu.

Masalah ini harus dibicarakan dengan pasangan karena membutuhkan bantuan profesional. Di sisi lain, kamu juga harus mencari bantuan untuk diri sendiri karena berada dalam hubungan yang tidak sehat.

Kalau kamu menemukan alasan seperti ini dalam hubunganmu, sebaiknya cari bantuan profesional dan tinggalkan. Kamu akan bisa membedakan mana yang benar-benar mencintaimu secara utuh dan tidak mengambil manfaat atas dirimu.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Berhenti Dilakukan karena Dapat Menyakiti Dirimu 

Topik:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya