Jusuf Kalla Beri Tip Agar Terhindar dari Bahaya Virus Corona  

Semoga kalian bisa terhindar dari bahaya virus corona ya

Jakarta, IDN Times - Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memberikan sejumlah tip kepada seluruh masyarakat agar tidak terpapar virus corona atau COVID-19.

Meski pun sudah ada 2 orang yang dinyatakan terinfeksi virus tersebut, pria yang kerap disapa JK ini meminta kepada masyarakat agar tidak perlu merasakan panik yang berlebihan, namun kewaspadaan juga perlu ditingkatkan.

1. Bagi masyarakat yang mengalami gejala COVID-19 agar segera memeriksakan diri ke dokter

Jusuf Kalla Beri Tip Agar Terhindar dari Bahaya Virus Corona  Mantan Wakil Presiden Indonesia Muhammad Jusuf Kalla saat berkunjung ke Kota Medan, Selasa (7/1) (Humas Pemprov Sumut)

Pertama, ia meminta kepada masyarakat yang mengalami gejala COVID-19 seperti demam tinggi, sesak napas, hingga batuk dan flu agar segera memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

“Itu sangat penting karena hanya mereka (dokter) yang mengetahui Anda kena virus corona atau tidak,” kata JK melalui video singkat berdurasi 3 menit 51 detik yang diunggahnya di media sosial.

“Juga bagi yang sakit tentu wajib gunakan masker, tapi kalau sakit ya ke rumah sakit tentu tidak berada di luar. Dan masa inkubasi 14 hari jadi dia tidak merasa sakit padahal dia sudah kena,” katanya menambahkan.

Baca Juga: Komisi VIII DPR: Pemerintah Jangan Remehkan Kasus Virus Corona

2. Pola hidup sehat dan bersih agar selalu diterapkan

Jusuf Kalla Beri Tip Agar Terhindar dari Bahaya Virus Corona  Wakil Presiden periode 2014-2019 Jusuf Kalla melayat Jose Jurnalis di Pendopo Silaturahim, Bekasi, Senin (20/1). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kedua, sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), ia meminta agar masyarakat mulai menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Misalnya sering mencuci tangan dengan sabun usai melakukan aktivitas.

“Pakai masker di transportasi umum seperti bus, kereta api, tempat ramai, tentu jangan berdiri berdekatan, umumnya karena berdesak-desakan ya kalau Anda punya masker silakan (dipakai),” ujarnya.

3. Makan makanan yang bergizi dan hindari kelelahan saat bekerja

Jusuf Kalla Beri Tip Agar Terhindar dari Bahaya Virus Corona  Jusuf Kalla meminta semua pihak untuk introspeksi diri. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh JK menambahkan, pola gizi seimbang juga menjadi salah satu unsur penting untuk meningkatkan imunitas. Misalnya dengan memperbanyak makanan bergizi tinggi.

“Hindari kelelahan berlebihan karena itu akan (membuat) sistem imun anda akan kurang, perlu minum vitamin. Ikuti peraturan yang dibuat oleh pemerintah,” imbaunya.

Baca Juga: Gejala Virus Corona Tanda-tanda Terjangkit Corona dan Cara Pencegahan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya