Debat Kedua, Capres Jokowi vs Prabowo Harus Tampil Lebih Bermutu

Jokowi dan Prabowo harus lebih konseptual dan substantif

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif INDEF Eny Sri Hartati mengatakan, dalam debat kedua nanti masing-masing pasangan calon (paslon) presiden harus lebih bisa menyampaikan gagasannya secara terkonsep dan substantif. Hal tersebut perlu dilakukan untuk bisa menggaet 15 persen suara yang masih dalam kegamangan atau sering disebut dengan swing voters.

1. Debat kedua bisa memengaruhi suara pemilih nantinya

Debat Kedua, Capres Jokowi vs Prabowo Harus Tampil Lebih BermutuFitang

Menurutnya, peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bisa menyuguhkan debat yang lebih bermutu dan menarik perhatian para pemilih sangat menentukan hasil pemilu. KPU dan juga tim sukses kedua paslon, kata Eny, perlu memanfatkan debat kedua nanti dengan sebaik-baiknya agar dapat menekan angka golput yang semakin tinggi dan menggaet suara yang maksimal pada 17 April mendatang.

“Artinya kalau KPU bisa menampilkan suatu debat yang konseptual dan substantif itu besar sekali dampaknya mempengaruhi 15 persen yang swing voters dan itu penentu pemenang di election 17 April nanti,” ujar Eny di kawasan Juanda, Jakarta Pusat, Rabu (13/2).

2. Kedua paslon harus terus bisa meyakinkan pemilih yang masih dalam kegamangan

Debat Kedua, Capres Jokowi vs Prabowo Harus Tampil Lebih Bermutu(Pengaruh debat capres ke elektabilitas) IDN Times/Sukma Shakti

Menurut Eny, para pemilih yang masih dalam kegamangan tersebut perlu terus diyakinkan oleh masing-masing paslon mengingat diantara visi dan misi kedua pasangan tidak jauh berbeda.

“Idealnya fungsi debat kalau masih business as usual seperti debat yang selama ini terjadi ya manfaatnya dan dampaknya tidak terlalu besar kepada masyarakat pemilih, karena sebagaian besar masyarakat pemilih kita ini lebih ke pertimbangan emosional primodial daripada rasional,” jelas Eny.

Baca Juga: Tidak Ingin Menyerang, Sandiaga Yakin Debat Kedua Hasilkan Ide Terbaik

3. Debat kedua jangan hanya pamer keberhasilan dan saling kritik

Debat Kedua, Capres Jokowi vs Prabowo Harus Tampil Lebih BermutuIDN Times/Sukma Shakti

Eny menyamaikan, sebaikanya dalam debat kedua nanti, pasangan dari pihak petahana tidak hanya sekedar memaparkan keberhasilan selama memerintah. Sementara dari pihak oposisi, kata Eny, jangan hanya sekadar mengkritik.

"Yang masyarakat butuhkan sekarang adalah apa yang akan mereka lakukan selama 5 tahun kedepan untuk menyelesaikan problem-problem yg masih tersisa dihari ini dari persoalan pangan, infrastruktur, energi, dan kerusakan lingkungan,” tegasnya.

4. Debat kedua akan berlangsung pada 17 Februari 2019

Debat Kedua, Capres Jokowi vs Prabowo Harus Tampil Lebih BermutuANTARA FOTO/Setneg-Agus Suparto

Debat kedua pilpres akan digelar pada Minggu (17/2) mendatang dengan hanya menghadirkan calon presiden saja. Tema yang akan diangkat adalah tentang energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Baca Juga: Jelang Debat Kedua Pilpres 2019, Kubu Jokowi-Ma'ruf Kumpulkan Tim Ahli

5. MNC grup dipercaya KPU sebagai penyelanggara hak siar debat kedua

Debat Kedua, Capres Jokowi vs Prabowo Harus Tampil Lebih BermutuInstagram/@tomtjok @anishadasuki

Debat sendiri akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Selatan yang akan disiarkan di MNC Grup yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan INews TV. Presenter kondang Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki telah didapuk oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai moderator dalam debat kedua tersebut, menggantikan posisi Ira Koesno dan Imam Priyono.

Baca Juga: KPU Hadirkan Format Baru dalam Debat Kedua Capres-Cawapres

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya