Inilah Alasan Kenapa Jusuf Kalla Dukung Jokowi Lanjut Pimpin Indonesia

Sejumlah menteri kabinet kerja juga mendukung Jokowi

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Jusuf Kalla buka-bukaan soal alasannya mendukung Joko 'Jokowi' Widodo menjadi presiden untuk kali kedua. Ia juga membantah soal tudingan yang menyebut bahwa dirinya setengah hati untuk mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

1. Jokowi dimata JK tidak memiliki bakat otoriter

Inilah Alasan Kenapa Jusuf Kalla Dukung Jokowi Lanjut Pimpin IndonesiaDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Menurut JK, Jokowi harus kembali memimpin Indonesia sebagai kelanjutan dari program-program yang telah dibuatnya agar terus berkesinambungan.

“Begini, pengalaman Indonesia dalam bernegara, pemerintah jatuh karna dia otoriter dan juga nepotisme, pak Jokowi tidak ada bakat,” ujar JK dalam wawancara di saluran Catatan Najwa yang tayang di Youtube beberapa waktu yang lalu.

2. JK mengatakan Jokowi mengambil setiap keputusan setelah menggelar rapat

Inilah Alasan Kenapa Jusuf Kalla Dukung Jokowi Lanjut Pimpin IndonesiaANTARA FOTO/Wira Suryantala

Jokowi dinilainya merupakan karakter pemimpin yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, termasuk ketika akan mengambil kebijakan yang dinilainya penting.

“Pak Jokowi tidak ada bakat otoriter karena segala sesuatunya itu dirapatkan. Semua diselesaikan lewat rapat terbatas di kabinet, baru diperlakukan. Tidak ada tindakan sendiri, jadi beliau selama 4 tahun saya liat tidak otoriter,” terang JK.

Baca Juga: JK Buktikan Kalau Jokowi Tidak Otoriter dan Nepotisme

3. Jokowi juga tidak nepotisme

Inilah Alasan Kenapa Jusuf Kalla Dukung Jokowi Lanjut Pimpin IndonesiaInstagram.com/kaesangp

Selain itu, pengusahaan asal Makkasar ini juga memuji sikap Jokowi yang dinilai tidak memanfaatkan kekuasaan yang dimilikinya untuk menguntungkan dirinya sendiri termasuk keluarganya.

“Dulu pak Harto jatuh antara lain banyak fasilitas yang diberikan kepada putra putrinya,” bebernya.

“Siapa anaknya pak Jokowi (yang diberi jabatan)? Satu usaha katering dan jualan martabak. Yang satu jual pisang, sama sekali tidak ada hubungannya dengan lembaga pemerintahan. Jadi dia tidak akan merusak negeri ini,” sambungnya.

4. Tidak hanya JK, banyak menteri di kabinet kerja yang mendukung Jokowi

Inilah Alasan Kenapa Jusuf Kalla Dukung Jokowi Lanjut Pimpin IndonesiaKabinet Kerja (Setkab.go.id)

Selain JK, sudah banyak diketahui juga bahwa banyak menteri-menteri di Kabinet Kerja yang mendukung Jokowi untuk bisa memenangkan pilihan presiden (pilpres) 2019 antara lain Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan.

Selain Luhut, Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko juga dalam setiap kesempatannya selalu mengkampanyekan Jokowi. Ada lagi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang juga merupakan kader dari PDI Perjuangan tempat Jokowi bernaung.

Baca Juga: Benarkah Jokowi dan Jusuf Kalla Tidak Kompak?

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya