Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023, Ini 4 Permintaan Jokowi

Venue berstandar internasional segera dibangun pemerintah

Jakarta, IDN Times - Indonesia bersama Filipina dan Jepang ditunjuk oleh FIBA menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia Bola Basket 2023. Serangkaian persiapan telah dilakukan pemerintah untuk menyambut gelaran akbar itu.

1. Jokowi minta disiapkan regulasi dan aturan hukumnya

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023, Ini 4 Permintaan JokowiPresiden Jokowi memimpin sidang kabinet paripurna di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa 11 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Presiden Joko “Jokowi” Widodo bersama sejumlah kementerian hari ini terkait menggelar rapat terbatas membahas hal tersebut. Ada 4 poin penting yang menjadi perintah presiden dalam rapat tersebut.

“Untuk itu ada beberapa hal yang jadi perhatian kita bersama. Pertama meskipun waktunya masih tiga tahun, penting untuk kita siapkan, baik aturan hukum dan regulasi yang menjadi dasar bagi penyelenggaraan FIBA 2023,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/2).

“Termasuk juga persiapan pengalokasian anggaran dan penyelesaian kewajiban hosting fee yang harus dipenuhi kepada FIBA,” lanjutnya.

2. Komite persiapan Piala Dunia Basket 2023 harus segera dibentuk

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023, Ini 4 Permintaan JokowiPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 12 Februari 2020. IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kedua, Jokowi juga meminta untuk segera dibentuk komite untuk menyiapkan rancangan kegiatan secara komprehensif. Mulai dari perencanaan anggaran, kegiatan sebelum acara termasuk keamanan dan pengamanan.

“Juga di dalamnya, mempromosikan wajah baru Indonesia mengenalkan pariwisata dan lain-lain,” ujarnya.

3. Jokowi minta venue berstandar internasional segera dibangun

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023, Ini 4 Permintaan JokowiInstagram

Ketiga, presiden meminta agar segera dibangun venue yang berstandar internasional sesuai ketentuan FIBA. Mulia dari tempat duduk, ruang ganti, lapangan pertandingan, serta layanan publik lainnya.

“Terakhir, saya minta disiapkan persiapan untuk timnas bola basket yang tangguh dan bermental dalam rangka 2023 yang akan datang,” tuturnya.

Baca Juga: 8 Film Bertema Basket Ini Wajib Buat Kalian Pecinta Olahraga

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya