[CEK FAKTA] Ustaz Maaher Disebut Meninggal Akibat Disuntik Vaksin

Benarkah ustaz Maaher meninggal akibat vaksin Sinovac?

Jakarta, IDN Times - Beredar informasi berantai melalui unggahan media sosial Facebook yang membuat narasi Ustaz Maaher At-Thuwailibi meninggal karena disuntik vaksin Sinovac asal Tiongkok.

Tampak pula foto Ustaz asal Medan, Sumatra Utara itu sedang berada di Rutan Polri.

"Ustadz Maaher At-Thuwailibi meninggal karena disuntik vaksin Sinovac Cina oleh Polisi Komunis Indonesia (PKI),” tulis akun Facebook Hamdhan Yuafi pada Selasa, 9 Februari 2021.

Benarkah Ustaz Maheer meninggal akibat disuntik vaksin Sinovac?

1. Ustaz Maaher meninggal karena sakit, bukan disuntik vaksin Sinovac

[CEK FAKTA] Ustaz Maaher Disebut Meninggal Akibat Disuntik VaksinPetugas medis memperlihatkan vaksin COVID-19 produksi Sinovac sebelum proses penyuntikan menyuntikan ke tenaga kesehatan di RS Siloam TB Simatupang, Jakarta, Kamis (14/1/2021) (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono menjelaskan bahwa Ustaz Maaher meninggal karena sakit. Namun dia enggan mengungkap penyakit yang diderita Ustaz Maaher. Argo menjelaskan, jika penyakit Ustaz Maaher diumumkan ke publik, dikhawatirkan akan mencoreng nama baik keluarga.

“Dari keterangan dokter dan perawatan yang ada, saudara Soni Eranata (alias Ustaz Maaher) ini sakitnya sensitif yang bisa membuat nama baik keluarga juga bisa tercoreng kalau kami sebutkan di sini,” kata Argo di Mabes Polri, Selasa 9 Februari 2021.

Baca Juga: Polisi: Ustaz Maaher Sempat Menolak Berobat ke RS Polri

2. Polisi enggan sampaikan penyakit yang diderita Ustaz Maaher sebelum meninggal

[CEK FAKTA] Ustaz Maaher Disebut Meninggal Akibat Disuntik Vaksin(Kiri) Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Argo Yuwono (Kanan) Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Ahmad Ramadhan (Dok. Humas Polri)

Argo menjelaskan, pihak dokter mengonfirmasi bahwa penyebab meninggalnya Ustaz Maaher ialah karena sakit. Maaher sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

“Ini karena sakit meninggalnya. Saya tidak bisa menyampaikan sakitnya apa, karena ini sakitnya sensitif. Ini bisa berkaitan dengan nama baik almarhum,” ujarnya.

3. Ustaz Maaher merupakan tersangka kasus penghinaan terhadap ulama

[CEK FAKTA] Ustaz Maaher Disebut Meninggal Akibat Disuntik Vaksininstagram.com/ustadzmaaheratthuwailibi

Maaher ditetapkan sebagai tersangka karena diduga telah melakukan penghinaan terhadap Habib Luthfi. Dia dijerat Pasal 45 ayat (2) Juncto Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara.

Maaher At-Thuwailibi ditangkap atas kasus yang dilaporkan oleh Waluyo Wasis Nugroho. Ia dilaporkan ke Bareskrim Polri pada 27 November 2020.

Baca Juga: Cuitan soal Kematian Ustaz Maaher Dilaporkan, Novel Baswedan: Itu Aneh

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya