Comscore Tracker

6 Alasan Logis Mengapa Belum Menikah di Usia 20-an adalah Hal Wajar

Setiap orang punya jalan berbeda dalam menemukan jodohnya

Di usia 20 tahunan, seseorang sering dihadapkan dengan pertanyaan "kapan menikah?" Biasanya, pertanyaan itu dilontarkan karena seseorang dianggap sudah mencapai usia matang untuk membina rumah tangga. Namun masalahnya, tidak semua orang memiliki jawaban yang pas untuk membalas pertanyaan tersebut.

Jika kamu termasuk salah satunya, sebaiknya gak perlu gundah dan merisaukan nasibmu. Apalagi jika punya beberapa tanda seperti di bawah ini:

1. Percaya bahwa jodoh akan datang saat kamu sudah benar-benar siap dan matang

6 Alasan Logis Mengapa Belum Menikah di Usia 20-an adalah Hal WajarUnsplash/Alex Jones

Sesuatu yang kerap kali orang lupakan adalah percaya, percaya bahwa sesuatu yang baik akan datang di waktu yang tepat. Kamu yang tahu ini barangkali lebih paham bahwa saat sudah benar-benar siap dan matang secara lahir dan batin, akan ada seseorang yang hadir tanpa kamu rencanakan sebelumnya.

2. Single itu pilihan, kalau sekarang kamu lebih concern buat masa depan yang lebih cerah itu lumrah

6 Alasan Logis Mengapa Belum Menikah di Usia 20-an adalah Hal WajarUnsplash/Hannah Wei

Menjadi single adalah pilihan, kamu tahu ini karena banyak yang berusaha mendekati. Ini tandanya kalau kamu bisa memprioritaskan apa yang ingin kamu capai, termasuk memperjuangkan masa depan yang lebih cerah. Alih-alih duduk berdiam diri untuk menunggu jodoh, sekarang kamu lebih memilih fokus menyelesaikan studi atau membangun karier untuk masa depanmu.

3. Jangan merasa kalah start, akan lebih bahaya saat kamu hanya menuruti keinginan sesaat

6 Alasan Logis Mengapa Belum Menikah di Usia 20-an adalah Hal WajarUnsplash/Esther Tuttle

Menemukan jodoh itu butuh waktu dan proses, kalau kebanyakan orang sudah lebih dulu daripada kamu itu gak manunjukkan bahwa kamu lebih buruk dari mereka. Makanya,  jangan merasa bahwa menikah itu adalah sebuah kompetisi yang harus kamu menangkan hanya karena standart sosial kebanyakan orang tentang usia pernikahan.

Baca Juga: 6 Pesan Berharga untuk Kamu yang Hingga Kini Belum Temukan Jodoh

4. Gak ada yang perlu dikhawatirkan saat kamu sekarang tengah memperkaya diri dengan pembelajaran dan pengalaman

6 Alasan Logis Mengapa Belum Menikah di Usia 20-an adalah Hal WajarUnsplash/Alex Blăjan

Meningkatkan kualitas dirimu akan membuatmu lebih percaya diri dan gak merisaukan lagi urusan jodoh meski usiamu tengah menginjak kepala tiga. Kamu tahu bahwa masih banyak cita-cita dan mimpi yang ingin diraih, sehingga rentang waktu usia 20an akan kamu isi dengan pembelajaran dan pengalaman. Masih banyak hal yang ingin kamu pelajari dan masih banyak tempat yang akan kamu kunjungi, dan itu adalah wajar. 

5. Kamu lebih bebas menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat

6 Alasan Logis Mengapa Belum Menikah di Usia 20-an adalah Hal WajarUnsplash/Helena Lopes

Satu hal menguntungkan lain saat kamu sedang tidak menjalin hubungan di usia ini adalah kamu punya cukup banyak waktu untuk membagikan kebahagiaan bersama keluarga dan orang terdekat. Perasaan cinta bukan hanya dibagikan saat menjalin hubungan romantis dengan seseorang, tapi juga mereka yang sudah bersamamu sekarang.

6. Lebih bijak menunggu orang yang tepat daripada mempersilahkan seseorang yang belum kamu yakini akan tulus mencintai

6 Alasan Logis Mengapa Belum Menikah di Usia 20-an adalah Hal WajarUnsplash/Priscilla Du Preez

Menemukan jodoh itu bukan seperti permainan layangan yang asal tarik ulur perasaan. Kamu cukup serius dalam hal ini dan gak mau main-main lagi. Penuh pertimbangan dalam urusan memilih jodoh mungkin lebih bijak daripada harus menjalin hubungan dengan seseorang yang kamu ragukan dari awal. 

Itu tadi alasan kenapa kamu gak perlu khawatir lagi perihal jodoh meski usiamu berada pada rentang 20an. Yakinlah bahwa pada akhirnya Tuhan sudah mempersiapkan seseorang yang terbaik untukmu meski belum sekarang.

Baca Juga: Belahan Jiwa, 5 Tanda Ini Menunjukkan Dia Adalah Jodoh yang Kamu Cari

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya