Sebagian Umat Muslim di Ambon Sudah Mulai Berpuasa Hari Ini

Warga Desa Wakal dan Tengahtengah salat tarawih Sabtu malam

Jakarta, IDN Times - Warga Muslim sunni di lima desa di Kecamatan Leihitu dan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon akan menjalankan ibadah puasa Ramadan lebih awal dari yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Mereka akan mengawali Ramadan pada Minggu (11/4/2021) dan Senin (12/4/2021).

Warga Desa Wakal (Kecamatan Leihitu) dan Tengahtengah (Kecamatan Salahutu) telah mendapat pemberitahuan jadwal pelaksanaan ibadah puasa oleh imam dan pengurus masjid setempat selepas salat Jumat 9 April 2021, demikian dikutip dari ANTARA.

1. Warga Muslim di Desa Wakal dan Tengahtengah sudah salat tarawih pada Sabtu malam

Sebagian Umat Muslim di Ambon Sudah Mulai Berpuasa Hari IniHanya beberapa jemaah Salat Tarawih di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh, yang sadar secara pribadi menggunakan masker ketika salat (IDN Times/Saifullah)

Warga muslim di Desa Wakal dan Tengahtengah akan menjalankan ibadah puasa 1 Ramadhan 1442 Hijriah pada hari ini, sehingga sudah menjalankan salat tarawih pada Sabtu (10/4/2021) malam.

Warga muslim di Desa Wakal telah menggelar salat sunnah tarawih perdana secara berjamaah Masjid Nurul Awal selepas salat Isya. Sedangkan salat tarawih di Desa Tengahtengah dipusatkan di Masjid An 'Nima.

Baca Juga: Suro' Baca, Tradisi Khas Umat Muslim Makassar Menyambut Ramadan

2. Penentuan Ramadan berdasarkan penanggalan falakiah kuno

Sebagian Umat Muslim di Ambon Sudah Mulai Berpuasa Hari IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

Pada tahun sebelumnya, kedua desa ini juga melaksanakan ibadah puasa lebih awal dari yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Jadwal penentuan puasa ditetapkan oleh imam dan 12 tukang yang disebut penghulu masjid, berdasarkan penanggalan falakiah kuno.

Desa lainnya yang akan melaksanakan ibadah puasa lebih awal adalah warga Desa Hila, Kaitetu dan Seith di Kecamatan Leihitu. Ketiga desa ini akan menggelar salat tarawih perdana secara berjamaah pada 11 April 2021 dan berpuasa 1 Ramadhan pada Senin 12 April 2021.

3. Sebagian besar warga Muslim Pulau Ambon masih menunggu hasil sidang isbat

Sebagian Umat Muslim di Ambon Sudah Mulai Berpuasa Hari IniPengamatan hilal. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sama halnya dengan Desa Wakal dan Tengahtengah, pengumuman pelaksanaan ibadah puasa di Desa Hila, Kaitetu dan Seith juga telah diumumkan di masjid masing-masing pada Jumat 9 April kemarin.

Secara umum, jadwal pelaksanaan ibadah puasa 1 Ramadhan 1442 Hijriah di Pulau Ambon bervariasi. Selain kelima desa tersebut, sebagian besar warga Muslim masih menunggu hasil sidang isbat penetapan 1 Ramadhan 1442 Hijriah oleh Kementerian Agama.

Baca Juga: Anies: Buka Puasa Bersama Boleh, Tapi Dibatasi 50 Persen

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya