Comscore Tracker

Kritis dan Vokal Soal COVID-19, Ini Profil Epidemiolog UI Pandu Riono 

Selalu mengkritis soal COVID-19, akun miliknya diretas orang

Jakarta, IDN Times - Pakar Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat dari Universitas Indonesia, Pandu Riono menjadi salah satu sosok di Tanah Air yang selalu kritis terhadap kebijakan pemerintah Indonesia dalam menangani pandemik COVID-19.

Sikapnya yang kritis di media sosial membuat akun Twitter diretas orang tidak dikenal pada Rabu (19/08/2020) malam. Lalu siapakah Pandu Riono?

1. Pandu merupakan pengajar dan staf senior di Universitas Indonesia

Kritis dan Vokal Soal COVID-19, Ini Profil Epidemiolog UI Pandu Riono IDN Times/Universitas Indonesia

Dilansir laman staff.ui.ad, Dr. Pandu Riono adalah staf senior di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Departemen Biostatistik dan Kependudukan Universitas Indonesia.

Pandu merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, dan menerima gelar Magister Biostatistik dari University of Pittsburgh.

Sekarang ia mengkhususkan diri dalam pemodelan matematika HIV / AIDS, TB, IMS, HepB / C dan Jaringan Risiko Seksual untuk HIV dan IMS, serta Jaringan Risiko lain untuk Penyakit Menular yang Muncul. Minat ilmunya dalam Statistik Bayesian dan berurusan dengan masalah epidemiologi.

Baca Juga: Akun Twitter Juru Wabah UI Pandu Riono Diretas, Gegara Terlalu Vokal?

2. Pandu penerima berbagai beasiswa internasional

Kritis dan Vokal Soal COVID-19, Ini Profil Epidemiolog UI Pandu Riono Akun instagram pandu.riono

Pandu pernah menerima beberapa beasiswa untuk belajar dan menghadiri Konferensi Internasional tentang masalah Kesehatan Masyarakat.

Ia adalah penerima Fogarty Fellowship untuk menyelesaikan PhD di UCLA pada 2001 dengan judul disertasi “Jaringan Seksual Antara Laki-Laki dan Epidemi PMS / HIV di Indonesia”.

Selain itu Pandu juga aktif terlibat dalam kegiatan regional yang terkait dengan Kelompok Kerja Analisis Perilaku Risiko.

3. Editor utama untuk Laporan Survei Perilaku Risiko terkait HIV-AIDS Nasional

Kritis dan Vokal Soal COVID-19, Ini Profil Epidemiolog UI Pandu Riono Ilustrasi AIDS (IDN Times/Mardya Shakti)

Kecerdasan Pandu membuat dia ditunjuk menjadi editor utama untuk Laporan Survei Perilaku Risiko terkait HIV-AIDS Nasional sejak 2002, 2005, 2007, dan hingga sekarang.

Dia juga memulai milis grup AIDS-INA pada 1994, dan sebagai pendiri yayasan AIDS-INA, dengan situs web HIV-AIDS paling terkenal di Indonesia: http://www.aids-ina.org.

Saat ini, Pandu secara aktif terlibat dalam masalah Penyakit Menular yang Muncul, Penelitian dan Pengawasan Penyakit Pandemi, Metode Epidemiologi Kuantitatif dan Pemodelan Epidemi, Analisis Bias dan Metode Bayesian.

Baca Juga: Pandu Riono: Harusnya Presiden yang Pimpin Penanggulangan COVID-19

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya