Kemensos Salurkan Bantuan Rp458 Juta untuk Korban Tragedi Sigi

Mereka yakin tragedi kemanusiaan bukan karena agama

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Juliari P Batubara prihatin atas tragedi kemanusiaan yang mengakibatkan meninggalnya empat anggota masyarakat dalam satu keluarga di Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat (27/11/2020).

Atas nama pemerintah, Juliari menyalurkan santunan untuk ahli waris sebagai bentuk simpati dan dengan maksud meringankan sebagian beban ahli waris.

Bantuan senilai Rp458.426.000 diserahkan secara simbolis oleh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kementerian Sosial Sunarti, Kamis, 3 Desember 2020.

Baca Juga: Aksi Teror di Sigi Tewaskan 4 Orang, Jokowi Minta Rakyat Tenang

1. Masyarakat tidak terprovokasi dengan isu yang menyesatkan

Kemensos Salurkan Bantuan Rp458 Juta untuk Korban Tragedi SigiKemensos salurkan bantuan ke korban tragedi Lembantonga (Dok. Kemensos)

Sunarti menyampaikan keprihatinannya atas kejadian tragedi kemanusiaan ini, apalagi terjadi di tengah-tengah suasana pandemik saat ini.

“Kami berharap dan berdoa semoga kejadian seperti ini tidak terjadi lagi. Kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan isu yang menyesatkan,” katanya.

2. Kementerian Sosial berikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP)

Kemensos Salurkan Bantuan Rp458 Juta untuk Korban Tragedi SigiKemensos salurkan bantuan ke korban tragedi Lembantonga (Dok. Kemensos)

Sunarti juga menegaskan kembali komitmen kehadiran dan kepedulian pemerintah terhadap setiap warga masyarakatnya, khususnya warga Desa Lembantongoa yang saat ini masih diliputi kesedihan yang mendalam.

Selain penyerahan simbolis bantuan sosial, Kementerian Sosial juga melakukan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) terhadap penyintas yang berhasil selamat dari tragedi kemanusiaan tersebut. Yakni dengan melakukan teknik Progressive Muscular Relaxation (PMR).

“Tujuannya untuk membuat penyintas dapat merasakan rileks sehingga pikirannya dapat kembali disegarkan,” kata Sunarti.

3. Warga sambut bantuan dengan suka cita

Kemensos Salurkan Bantuan Rp458 Juta untuk Korban Tragedi SigiKemensos salurkan bantuan ke korban tragedi Lembantonga (Dok. Kemensos)

Warga menyambut dengan rasa sukacita serta mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri Sosial atas bantuan yang diberikan. Mereka merasa terbantu di tengah situasi yang sulit saat ini.

Adapun bantuan yang diberikan berupa 200 paket sembako senilai Rp65 juta. Santunan Kematian 4xRp15 juta. Perlengkapan bermain dan belajar 17 paket. Sabun mandi 1.000 batang. Hand sanitizer dan masker 300 paket perlengkapan ibadah 150 paket.

4. Mereka meyakini tragedi kemanusiaan yang terjadi bukanlah unsur agama

Kemensos Salurkan Bantuan Rp458 Juta untuk Korban Tragedi SigiKapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Abdul Rakhman Baso (kedua kanan) meninjau lokasi serangan yang diduga dilakukan oleh kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora di Dusun Lewonu, Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (28/11/2020) (ANTARA FOTO/Humas Polres Sigi)

Pada akhir rangkaian kegiatan, Kementerian Sosial bersama para tokoh agama, tokoh masyarakat setempat beserta perwakilan dari gereja Bala Keselamatan serta Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta di Indonesia (PGPI) menyatakan komitmen untuk menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di atas segalanya.

Mereka meyakini bahwa tragedi kemanusiaan yang terjadi bukanlah merupakan unsur agama, tetapi murni tindakan teror yang bertujuan untuk memecah belah keutuhan warga masyarakat pada umumnya.

Baca Juga: Trauma Berat, Korban Selamat Serangan Teroris Sigi Menolak Pulang 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya