IWF 2020: Mengubah Indonesia Lewat Penulis Millennial dan Gen Z 

Diharapkan Indonesia dapat berubah positif

Jakarta, IDN Times - Indonesia Writers Festival (IWF) 2020 resmi dibuka oleh pendiri IDN Media, Winston Utomo, Senin (21/09/2020).

IWF hari ini merupakan tahun ketiga sejak diselenggarakan pada 2018 lalu. Acara yang mengusung tema "Empowering Indonesians Through Writing" merupakan ajang berkumpulnya IDN writers community dari seluruh Indonesia.

Acara IWF tahun ini memang berbeda dibanding tahun sebelumnya. Sebab digelar secara virtual di tengah pandemik COVID-19. Meski demikian, tidak menyurutkan antusias peserta, terbukti IWF hari ini diikuti ratusan peserta dari berbagai tempat.

Dalam pembukaannya, Winston menyampaikan visi misi IWF dan IDN Times community. Dia berharap, Indonesia dapat berubah positif melalui penulis millennial dan Generasi Z Indonesia.

"Indonesia Writers Festival adalah sebuah inisiatif dari IDN Times yaitu sebuah festival penulis independen bagi generasi millennial dan Gen Z di Indonesia. Visi kami untuk mendorong dan menginspirasi generasi muda Indonesia melalui tulisan, dan Empowering Indonesians Through Writing" ucap Winston saat membuka IWF secara virtual yang bisa disaksikan melalui Zoom dan Youtube IDN Times.

Baca Juga: IWF 2020: 5 Tips Wawancara Menulis Biografi Efektif ala Fenty Effendy

1. Ribuan millennial dan gen Z telah bergabung di IDN Times Community

IWF 2020: Mengubah Indonesia Lewat Penulis Millennial dan Gen Z idntimes.com

Winston menegaskan, salah satu motor yang penting untuk mewujudkan visi tersebut yakni keberadaan komunitas. Di IDN Times, ada sebuah platform yang dinamai IDN Times Community.

"Lebih dari puluhan ribu anak muda telah bergabung dan lebih dari 200 ribu artikel telah dihasilkan yang di-publish oleh komunitas kita," ucapnya.

"Inilah salah satu motor agar kita mampu mewujudkan visi kita membawa perubahan positif bagi masyarakat, agar setiap generasi muda Indonesia mampu mendapatkan informasi yang aktual, akurat, dan relevan," imbuhnya.

2. Indonesia Writers Festival tetap digelar meski di tengah pandemik

IWF 2020: Mengubah Indonesia Lewat Penulis Millennial dan Gen Z Uni Lubis, Editor in Chief IDN Times memberikan kata sambutan pada pembukaan IWF 2020 (IDN Times/Besse Fadhilah)

Pentingnya keberadaan IDN writers community membuat acara IWF harus tetap digelar di tengah pandemik COVID-19 ini. Winston menegaskan, IWF tetap harus berjalan meski ada atau tidak ada sponsor.

"Indonesia Writers Festival harus tetap diadakan, karena ini merupakan suatu acara yang penting dan tidak bisa dinilai hanya dari segi revenue ataupun profit, melainkan impact masyarakat Indonesia secara luas, impact agar dapat mendorong dan menginspirasi generasi muda Indonesia melalui tulisan," jelasnya.

3. IDN Times berikan informasi relevan

IWF 2020: Mengubah Indonesia Lewat Penulis Millennial dan Gen Z youtube.com/IDN Times

Lebih lanjut Winston mengungkapkan, IDN Times bukan murni merupakan media company, namun media platform yang menggunakan teknologi untuk menyajikan informasi.

"Sebuah konten platform yang bertujuan agar pembaca dapat mengonsumsi konten apa pun yang paling relevan menurut mereka, mulai dari Aceh sampai Papua," paparnya.

Dia mencontohkan, jika membuka IDN Times di Medan maka konten yang disajikan sebagian di Medan, begitu pula jika di tempat lain.

"Jadi relevan bukan hanya teman-teman di Jakarta, tapi di seluruh Indonesia," ungkapnya.

4. Yuk menulis dengan mudah di IDN App, bisa dari mana saja

IWF 2020: Mengubah Indonesia Lewat Penulis Millennial dan Gen Z idntimes.com

Untuk mendorong generasi millennial semakin jatuh cinta dengan menulis, beberapa waktu lalu telah diluncurkan IDN App.

Winston mengatakan, melalui IDN App pembaca tidak hanya menikmati info terbaru dan informatif, tapi juga dapat menulis hanya dari smartphone dan di mana saja, bisa di bus, kereta, cafe, atau di kamar tanpa memerlukan komputer.

"Semoga IWF mampu membawa perubahan positif bagi Indonesia. IDN Times juga bisa menghasilkan konten yang relevan. Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk semua pihak yang telah mendukung. Selamat menikmati Indonesia Writers Festival 2020," ucap Winston sambil tersenyum.

Baca Juga: IWF 2019: IDN Times Besar dari Komunitas Penulis

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya