Danai 24 Riset Penanganan COVID-19, Kemenristek Kucurkan Rp8,1 Miliar

UI mengajukan 24 judul riset dan inovasi penanganan COVID-19

Jakarta, IDN Times - Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengucurkan Pendanaan Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 tahap pertama senilai Rp8.142.785.000 untuk 24 judul proposal riset dan inovasi guna percepatan penanganan COVID-19 dari berbagai fakultas di Universitas Indonesia (UI).

"Di tengah situasi darurat akibat pandemi COVID-19, bentuk engagement yang UI jalankan adalah mendukung pemerintah dengan menghasilkan ragam inovasi alat kesehatan dan penunjangnya," kata Rektor UI Prof. Ari Kuncoro seperti dikutip dari Antara, Senin (8/6).

1. Tim dr. Erlina Burhan Sp.P(K) memperoleh dana terbanyak

Danai 24 Riset Penanganan COVID-19, Kemenristek Kucurkan Rp8,1 MiliarDirut RSUP Persahabatan Rita Rogayah dan Jubir Tim Dokter Erlina Burhan (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Pendanaan terbesar senilai Rp1,980,600,000 diperoleh kelompok peneliti dari Fakultas Kedokteran (FKUI) dengan judul penelitian 'Penggunaan Umbical Cord Mesenchymal Stem Cell Sebagai Terapi Pasien COVID-19' yang diketuai dr. Erlina Burhan Sp.P(K).

Beberapa judul proposal lainnya dari FKUI yang menerima pendanaan di antaranya 'Portable Device Sampling Virus Sars-Cov-2 dari Droplet dan Nafas Ekspirasi', 'Pengembangan Vaksin Sars COV 2'; dan 'Studi Kohort Persepsi Risiko Penularan dan Tingkat kepatuhan Karantina Rumah, Rumah Sakit atau Fasilitas Rujukan COVID-19 di Indonesia'.

Terdapat pula 17 judul proposal lain yang diajukan oleh peneliti dari fakultas yang sama.

2. Proposal diajukan secara kolektif

Danai 24 Riset Penanganan COVID-19, Kemenristek Kucurkan Rp8,1 MiliarIlustrasi penelitian. Pexels.com/Retha Ferguson

Direktur Inovasi dan Science Techno Park UI, Ahmad Gamal, mengatakan proposal riset dan inovasi tersebut diajukan secara kolektif oleh Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP UI) ke Kemenristek/BRIN.

"Selain proposal dari FKUI, kami juga mengajukan 3 judul dari Fakultas Teknik (FTUI) dan 1 judul proposal yang diusulkan oleh peneliti dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UI).

3. Sebanyak 84 judul proposal diajukan untuk dapatkan Pendanaan Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Tahap 2

Danai 24 Riset Penanganan COVID-19, Kemenristek Kucurkan Rp8,1 MiliarIlustrasi. Pengoperasian laboratorium PCR COVID-19 (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Selain 24 proposal yang telah ditetapkan, peneliti UI dari berbagai fakultas bersama dengan DISTP juga mengajukan 84 judul proposal lain untuk mendapatkan Pendanaan Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Tahap 2 yang akan diumumkan pada 20 Juni 2020 mendatang.

Sebelumnya, Kemenristek/BRIN tengah menganggarkan dana guna mendukung riset dan inovasi di bidang pencegahan, skrining dan diagnosis, alat kesehatan dan pendukung, serta obat dan terapi COVID-19 yang akan disalurkan dalam dua tahapan.

Baca Juga: [UPDATE] Lebih dari 7 Juta Orang di Dunia Positif COVID-19

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya