[BREAKING] Selamat! 184.942 Peserta Lolos SBMPTN

SBMPTN diumumkan sore ini

Jakarta, IDN Times - Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 akan dilakukan hari ini, Senin (14/6/2021). Hasil SBMPTN dapat diakses mulai pukul 15.00 WIB.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih menyebutkan dari 557.696 peserta yang mendaftar jalur reguler, ada 123.875 peserta siswa yang diterima atau 22,21 persen.

Selanjutnya, siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang lolos sebanyak 61.067 orang dari 220.162 peserta atau sebanyak 27,74 persen. Sehingga jumlah peserta yang diterima SBMPTN 2021 sebanyak 184.942 orang.

"Kami sampaikan selamat kepada peserta SBMPTN yang masuk dalam kategori lulus tahun ini. Untuk yang tidak diterima bukan berarti tidak bagus tapi memang ada yang lebih bagus lagi atau kesempatan mungkin di tempat lain atau jalur lain," ujar Nasih dalam konferensi pers dipantau virtual, Senin (14/6/2021).

Nasih mengingatkan usai pengumuman hasil seleksi SBMPTN, peserta yang dinyatakan lulus masih mengikuti sejumlah proses yang ditetapkan masing-masing perguruan tinggi, mulai pendaftaran ulang serta pemenuhan persyaratan baik kesehatan atau dari masing-masing program studi.

"Saya mohon kawan-kawan para peserta SBMPTN untuk benar-benar mengikuti mekanisme proses selanjutnya ketika sudah dinyatakan lulus," imbaunya.

Bagi yang belum dinyatakan lulus, Nasih meminta agar peserta tidak berkecil hati, sebab masih banyak peluang di perguruann lain, baik Politeknik atau perguruan tinggi swasta yang tidak kalah kualitasnya.

"Sekali lagi ini hanya pengumuman lulus SBMPTN masih ada proses yang harus dilakukan," kata Nasih.

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya