Wiranto Ditusuk Pakai Senjata Ninja, Ini Fakta-Fakta Belati Kunai

Kunai itu senjata atau hanya alat sih?

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto diduga terkena dua luka tusukan, oleh pelaku yang diduga relawan kelompok Negara Islam Irak dan Syam (ISIS). Pelaku laki-laki diduga menggunakan kunai, senjata yang biasa digunakan ninja.

Dari sekian banyak senjata ninja, ada beberapa yang paling terkenal seperti shuriken dan kunai. Shuriken biasanya dilempar saat dipakai, karena setiap sisinya tajam. Bagaimana dengan kunai?

Baca Juga: Jokowi Bertolak ke RSPAD Besuk Wiranto

1. Kunai biasa digunakan untuk menggali tanah

Wiranto Ditusuk Pakai Senjata Ninja, Ini Fakta-Fakta Belati Kunaiallninjagear.com

Dikutip dari berbagai sumber, kunai pada dasarnya senjata yang dibuat sebagai alat untuk menggali. Pada era ninja, kunai memang digunakan untuk menggali tanah atau pun melubangi dinding.

Tak seperti pada serial Naruto, ninja asli memang tidak sepenuhnya bertarung secara terang-terangan dan mereka lebih sering bersembunyi. Karenanya, peralatan seperti kunai pun kegunaannya untuk menggali tanah atau melubangi dinding untuk kabur serta bersembunyi.

Sebagian besar senjata ninja memang versi modifikasi dari alat pertanian atau alat sehari-hari lainnya. Jadi, meskipun bentuknya menyerupai pisau, fungsi aslinya bukan digunakan untuk berperang atau menyerang musuh.

2. Kunai senjata multifungsi

Wiranto Ditusuk Pakai Senjata Ninja, Ini Fakta-Fakta Belati KunaiIDN Times/Axel Jo Harianja

Selain untuk menggali, kunai juga bisa digunakan sebagai senjata karena matanya yang tajam. Sehingga bisa berfungsi seperti pisau kecil atau senjata yang cepat untuk melukai lawan.

Selain itu, kunai juga bisa dilempar, namun lebih berat dibandingkan senjata ninja lainnya, shuriken.

3. Kunai memiliki dua ukuran

Wiranto Ditusuk Pakai Senjata Ninja, Ini Fakta-Fakta Belati KunaiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Seperti dikutip dari duniaku.com, kunai punya dua ukuran, ada yang besar dan kecil. Seperti fungsinya, kunai yang berukuran besar lebih efisien untuk menggali tanah atau melubangi dinding. Sementara kunai berukuran kecil bisa digunakan untuk bertarung jarak dekat.

4. Kunai populer karena serial Naruto

Wiranto Ditusuk Pakai Senjata Ninja, Ini Fakta-Fakta Belati KunaiNaruto.wikia.com

Kunai sebelumnya memang dikenal sebagai senjata ninja, namun sejak muncul di serial Naruto, senjata kunai semakin populer. Dalam serial Naruto, kunai digunakan sebagai senjata bertarung jarak dekat untuk hampir semua karakter ninja.

Karakter figuran dalam serial ini lebih sering lagi menggunakan kunai dibandingkan senjata lain seperti pedang. Beberapa karakter terkenal menggunakan kunai sebagai fungsi lain, seperti Minato yang membuat kunai spesial dengan jutsu miliknya atau kunai yang diikat dengan kertas peledak.

Nah kamu lebih suka kunai atau shuriken, nih?

Baca Juga: [BREAKING] Dirujuk ke RSPAD, Wiranto Diterbangkan dengan Helikopter

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya