Pemakaman Gus Sholah Berlangsung Haru, Khofifah Menangis

Gus Sholah terus mendorong persatuan dan kesatuan

Jombang, IDN Times - Prosesi pemakaman KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah berlangsung penuh haru. Kepergian ulama kharismatik itu diiringi belasan ribu petakziah yang datang dari berbagai daerah. Selain masyarakat, sejumlah kiai, ulama, tokoh politik serta pejabat menteri juga turut mengantarkan kepergian adik kandung KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini.

Terlihat di antaranya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Menko Polhukam Mahfud MD, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mantan Gubernur Jatim Soekarwo, pengacara Hotman Paris, KH Mustofa Bisri atau, Muhaimin Iskandar, Ketua umum Muhammadiyah Haidar, M. Nuh, serta para pejabat Pemkab Jombang.

Saat memberikan sambutan, Khofifah tak dapat menyembunyikan kesedihannya. Di hadapan belasan ribu petakziah, orang nomor satu di Jawa Timur ini tak dapat membendung tangisnya.

Khofifah mengatakan, Gus Solah merupakan tokoh Islam yang patut menjadi tauladan seluruh umat dan bangsa. Kata dia, Gus Solah memiliki kepedulian yang tinggi terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.

"Berkali-kali beliau terus mengatakan dan mendorong persatuan, persatuan dan kesatuan," terang Khofifah dalam sabutannya sembari meneteskan air matanya.

Khofifah juga mengatakan, satu hal yang tak bisa dilupakan dari sosok Gus Solah. Yakni semangatnya yang cukup tinggi untuk membangun sistem pendidikan di tengah-tengah zaman modern ini.

"Beliau juga punya cita-cita yang tinggi untuk mengembangkan Bank Syariah di Pesantren Tebuireng. Beliau terus memberikan motivasi kepada santrinya," ungkapnya.

Gus Sholah wafat Senin malam, pada pukul 20.59 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta. Gus Sholah sempat menjalani operasi jantung karena sakit. Kondisinya dikabarkan kritis hingga akhirnya meninggal dunia.

Sesuai wasiatnya, Gus Sholah telah dimakamkan di utara makam ayahnya KH Wahid Hasyim, Kompleks Makam keluarga Pondok Pesantren Tebuireng, Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang. Pemakaman dilakukan sekitar jam 15.00 WIB.

Laporan Kontributor Jombang IDN Times Jatim, Zainul Arifin

Baca Juga: Sesuai Wasiat, Gus Sholah akan Dimakamkan Di Samping Pusara Sang Ayah

Topik:

  • Dida Tenola
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya