Comscore Tracker

Koran IDN Times Vol. 2: Ini Kata Millennials Soal Toleransi 

Toleransi menurut kamu seperti apa, sih?

Menyusul kesuksesan koran cetak vol. 1 yang dirilis pada akhir Juni lalu, koran IDN Times vol. 2 mulai diedarkan pada Selasa (13/8) pagi. Koran ini akan diluncurkan di delapan provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Utara, Bali, dan Sulawesi Selatan.

Tema koran IDN Times kali ini adalah ‘Millennial Memaknai Kemerdekaan’, sekaligus menyambut peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia yang jatuh pada Sabtu (17/8) mendatang. Di dalam koran ini ada hasil riset tentang definisi toleransi menurut millennials yang melibatkan 400 lebih responden, lho.

Ada yang sudah kebagian koran IDN Times vol. 2? Yuk, intip sekilas isi koran unik yang asyik dibaca millennial ini.

1. Halaman depannya eye catching banget, apa jadinya kalau Proklamator saling kirim email?

Koran IDN Times Vol. 2: Ini Kata Millennials Soal Toleransi Dok. IDN Times

Pembaca pasti langsung tertarik dengan halaman depan koran IDN Times vol. 2 yang eye catching banget. Satu halaman penuh ini memuat interface kotak masuk email yang berisi percakapan para Proklamator saat mempersiapkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Memangnya zaman dulu sudah ada email, ya? Tentu saja belum, andaikan di tahun 1945 email dan internet sudah populer, pasti bakal lebih seru persiapan kemerdekaan negara kita ini.

Beberapa pembaca juga mengunggah tanggapan mereka soal halaman depan koran IDN Times vol. 2. Banyak yang tertarik dengan lampiran naskah proklamasi kiriman Sayuti Melik. Kira-kira, harus bolak-balik kirim revisi berapa kali, ya jika saat itu sudah ada email?

2. Apa kata millennial soal toleransi di negeri ini?

Koran IDN Times Vol. 2: Ini Kata Millennials Soal Toleransi Dok. IDN Times

Selain halaman depan yang menarik, koran IDN Times vol. 2 banyak membahas tentang toleransi dan makna kemerdekaan di mata millennial. IDN Research Institute, divisi riset IDN Media,  telah melakukan survei melalui media elektronik yang telah diikuti oleh lebih dari 400 responden pada bulan Juli lalu.

Hasilnya, ada enam kata kunci yang paling banyak disebutkan millennials ketika ditanya soal toleransi. Keenam kata tersebut adalah perbedaan, sikap, ras, agama, pendapat, dan perilaku.

3. Empat sikap yang menggambarkan toleransi menurut millennial

Koran IDN Times Vol. 2: Ini Kata Millennials Soal Toleransi Dok. IDN Times

Hasil riset juga menunjukkan sikap-sikap yang dipilih para millennial untuk menggambarkan toleransi. Empat sikap yang mendapat persentase tertinggi adalah menghargai, menghormati, menerima, dan memahami.

Jika digabung dengan enam kata kunci di atas, maka definisi toleransi menurut millennial bisa dirangkum sebagai: sikap menghargai perbedaan ras, agama, dan pendapat sesama.

Ada yang punya pendapat lain? Menurutmu sendiri definisi toleransi itu apa, sih?

Baca Juga: Dibagikan di 8 Provinsi, IDN Times Kembali Terbitkan Koran Vol 2

4. Ternyata ini lima tipe toleransi yang paling familir di kalangan millennial

Koran IDN Times Vol. 2: Ini Kata Millennials Soal Toleransi Dok.IDN Times

Koran IDN Times vol. 2 juga merangkum lima tipe toleransi yang paling familiar di kalangan millennial. Kelimanya adalah toleransi pendidikan, toleransi sosial, toleransi beragama, toleransi gender, dan toleransi ras.

Lima sektor ini memang paling banyak berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan menempati peringkat teratas pada hasil survei. Artinya makin banyak millennial yang menyadari pentingnya toleransi dalam pendidikan. Kamu termasuk?

5. Wujud nyata toleransi seperti apa sih yang paling mudah dilakukan oleh para millennials?

Koran IDN Times Vol. 2: Ini Kata Millennials Soal Toleransi Dok. IDN Times

Bhineka Tunggal Ika gak cukup dijadikan semboyan saja. Menyambut HUT ke-74 Republik Indonesia, harus lebih banyak aksi nyata yang dilakukan untuk mewujudkan praktik toleransi.

Dari hasil survei yang dilakukan tim IDN Research Institute, wujud nyata toleransi yang paling mudah dilakukan oleh para millennials adalah menjalin relasi positif dengan teman-teman yang berbeda agama, ras, dan budaya.

Selain itu, membaca konten-konten yang berkaitan dengan toleransi dan menyebarkan kepada lingkungan sekitar juga dianggap sebagai aksi jitu. Kamu sudah melakukan apa saja, nih sebagai wujud memperjuangakan toleransi di negeri ini?

Mau baca langsung konten-konten seru di koran IDN Times? Koran IDN Times vol. 2 sudah dibagikan di beberapa titik di DKI Jakarta pada Selasa (13/8) lalu. Kamu yang tinggal di tujuh provinsi lain yang disebutkan di atas juga bisa mendapatkannya lho. Caranya cukup mudah kok, cukup temukan Timmy yang ada di kotamu.

Tenang, koran cetak IDN Times ini dibagikan secara cuma-cuma alias gratis!

Baca Juga: Tampil Lebih Unik, Koran IDN Times Vol 2 Dibagikan Serentak 8 Provinsi

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya