Comscore Tracker

Ini 5 Kampung Arab Terpopuler di Indonesia, Wisata Religi Ramadan

Sambil ngabuburit berburu kuliner khas Timur Tengah

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki beragam suku dan budaya. Salah satunya masyarakat keturunan Arab yang mendiami beberapa kota di Indonesia.

Itu kenapa cukup banyak perkampungan Arab yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Kampung Arab memiliki ciri khasnya tersendiri, mulai dari budaya, tradisi, hingga kuliner khasnya yang unik.

Saat Ramadan, kampung Arab menjadi salah satu destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan. Selain menjadi wisata religi, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Arab. Berikut lima Kampung Arab di Indonesia yang bisa jadi jujugan wisatamu.

1. Kampung Arab Pekojan

Ini 5 Kampung Arab Terpopuler di Indonesia, Wisata Religi RamadanKampung Arab Pekojan (instagram.com/huans.ikiaku)

Zaman dahulu, kawasan ini merupakan pelabuhan tersibuk di dunia. Gak heran kalau banyak warga asing yang awalnya hanya ingin berdagang, tetapi justru menetap di kawasan Pekojan. Salah satunya warga Arab yang diperintahkan pemerintah Belanda untuk tinggal di sana.

Terdapat beberapa bangunan bersejarah di Pekojan. Tiga masjid tua telah berdiri sejak zaman kolonial yang kini menjadi cagar budaya, yakni Masjid Langgar Tinggi, Masji Annawier, dan Masjid Al-Anshor. 

Lokasi: Jalan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. 

2. Kampung Arab Pekalongan

Ini 5 Kampung Arab Terpopuler di Indonesia, Wisata Religi RamadanKampung Arab Pekalongan (instagram.com/ceritapekalongan)

Kampung Arab Pekalongan menjadi destinasi wisata sejarah dan religi. Terdapat peninggalan orang Arab seperti masjid wakaf hingga bangunan dengan arsitektur khas Timur Tengah.

Saat Ramadan, komunitas Fest Kalongan kerap menggelar beberapa acara yang dilakukan sejak sore hari hingga waktu berbuka puasa. Pengunjung pun bisa mengikuti buka puasa bersama di sana. 

Lokasi: Jalan Surabaya, Kelurahan Sugiwaras, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. 

3. Kampung Arab Surabaya Ampel

Ini 5 Kampung Arab Terpopuler di Indonesia, Wisata Religi RamadanKampung Arab Surabaya (instagram.com/pesekkhoo_)

Kampung Arab Surabaya Ampel jujugan wisata religi dan sejarah Ramadan. Terdapat makam Sunan Ampel hingga kemeriahan Festival Kampung Arab yang bisa kamu kunjungi di kawasan ini.

Festival tersebut menampilkan musik gambus dan marching band yang dimainkan warga keturunan Arab. Selain itu, beragam kuliner hingga budaya khas Timur Tengah pun disuguhkan untuk pengunjung, seperti tato hena. 

Lokasi: Jalan Ampel Kejeron I nomor 4, Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur. 

Baca Juga: Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips

4. Embong Arab

Ini 5 Kampung Arab Terpopuler di Indonesia, Wisata Religi RamadanEmbong Arab (instagram.com/maulidaarifah)

Suasana khas Arab bisa kamu rasakan di kawasan Embong Arab. Tempat ini dikenal sebagai pemukiman yang dihuni warga keturunan Arab.

Terdapat toko perlengkapan ibadah, suvenir, minyak wangi, dan pusat kuliner khas Timur Tengah. Salah satu restoran ikonik yang wajib dikunjungi adalah Rumah Makan Cairo yang hidangannya dimasak oleh Chef asal Arab. 

Lokasi: Jalan Syarif Al-Qodri, Embong Arab, Kasin, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur. 

5. Kampung Arab Al Munawar

Ini 5 Kampung Arab Terpopuler di Indonesia, Wisata Religi RamadanKampung Arab Al Munawar (instagram.com/vellyfthh)

Sebagian besar warga di Kampung Arab Al Munawar adalah keturunan Arab. Awalnya mereka datang ke Palembang untuk berdagang sekaligus menyebarkan agama Islam. 

Kampung Arab Al Munawar merupakan tempat komunitas Arab terbesar di Sumatra. Terdapat beberapa rumah-rumah bersejarah, hingga musala dan masjid di pinggir Sungai Musi. Pengunjung wajib memakai pakaian sesuai syariat Islam untuk masuk ke kawasan ini. 

Lokasi: Munawar, Al Haddad Nomor 13, Seberang Ulu II, Palembang, Sumatra Selatan.

Itulah lima Kampung Arab di Indonesia yang bisa jadi referensi wisata religimu. Selain itu, kamu juga bisa belajar mengenai sejarah hingga mencicipi kuliner khas Arab yang nikmat. Mana yang paling membuatmu penasaran?

Baca Juga: 10 Wisata Religi Terbaik di Indonesia, Pelesiran Seru selama Ramadan

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya