Walkot Bandung Minta Warga Pakai BLT BBM untuk Hal Produktif

Ada 65 ribu keluarga dapat bantuan dari pemerintah pusat

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengajak seluruh warga untuk tetap tegar menghadapi berbagai dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Kenaikan harga BBM yang sudah menjadi keputusan pemerintah pusat harus dikawal bersama.

"Kita semua turut merasakan bagaimana beratnya kondisi saat ini. Namun, sebagai warga, kita juga berkewajiban untuk mematuhi dan turut mengawal apa yang sudah diputuskan pemerintah pusat," kata Yana melalui siaran pers, Rabu (7/9/2022).

Bagi Yana, yang terpenting sekarang adalah mencari solusi agar masyarakat di Bandung bisa bangkit dari perekonomian yang masih sulit.

1. Bantuan disalurkan bulan ini

Walkot Bandung Minta Warga Pakai BLT BBM untuk Hal ProduktifIlustrasi warga penerima Bansos (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Menurut Yana, di tengah kenaikan harga seperti saat ini, semua pihak hendaknya mampu menahan diri dan terus menjaga Kota Bandung tetap kondusif. Hal itu merupakan modal penting untuk dapat segera keluar dari berbagai himpitan kesulitan.

"Mari kita terus berusaha menahan diri, menjaga keamanan dan ketertiban karena itulah modal penting. Ketika iklim kondusif dapat terjaga, saya optimistis, kita semua dapat keluar dengan cepat dari berbagai kesulitan," katanya.

Dia berharap masyarakat dapat memanfaatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM maupun bantuan lainnya untuk hal-hal yang lebih produktif.

"Sebagai kompensasi, pemerinta pusat juga akan mulai menyalurkan bantuan langsung tunai pada September 2022 ini. Semoga penggunaannya dapat lebih tepat sasaran dan lebih produktif ," ungkapnya.

2. Ada 65 ribu warga jadi penerima BLT

Walkot Bandung Minta Warga Pakai BLT BBM untuk Hal ProduktifPenyaluran Bantuan Sosial Tunai di suku anak dalam oleh Kemensos (Dok. IDN Times/Kemensos)

Menurutnya, sesuai arahan dan petunjuk pemerintah pusat, bantuan langsung tunai (BLT) BBM bagi Kota Bandung juga akan mulai disalurkan pada September 2022 ini bagi sekitar 65.390 warga penerima manfaat.

Pemkot Bandung pun memastikan akan terus mengawal penyalurannya, agar dapat segera dapat dimanfaatkan masyarakat khususnya keluarga penerima manfaat.

Lebih lanjut Yana juga mengajak seluruh warga Kota Bandung untuk memanfaatkan fasilitas angkutan massal yang disediakan Pemkot Bandung seperti layanan bus gratis serta transportasi publik yang ada. Sehingga hal itu setidaknya dapat turut menekan pengeluaran sekaligus menghidupkan transportasi publik yang ada.

3. Tingkatkan kreativitas untuk bisa bangkit bersama

Walkot Bandung Minta Warga Pakai BLT BBM untuk Hal ProduktifBlogger

Yana percaya, warga Kota Bandung yang dikenal sebagai masyarakat kreatif dapat memanfaatkan segala kreativitasnya untuk bangkit dengan cepat. Terlebih, warga Kota Bandung juga dikenal sebagai masyarakat yang kental dengan kolaborasi dan inovasi sebagai pondasi kuatnya.

"Situasi saat ini tentu tidak hanya dirasakan kita di Kota Bandung, tetapi di semua wilayah di Indonesia bahkan masyarakat dunia. Tapi saya percaya, kita memilik modal kuat yaitu kreativitas, kolaborasi dan inovasi. Itu yang harus kita pertahankan untuk bangkit bersama," paparnya.

Yana juga mengajak warga Kota Bandung untuk terus berdoa sebagai penguat dari berbagai ikhtiar yang tengah dilakukan.

Baca Juga: Cara Daftar BLT BBM 2022 Secara Online, Buruan Daftar!

Baca Juga: Ini Syarat Penerima BLT BBM yang Dicairkan Kantor Pos

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya