Ridwan Kamil Sumringah Tanggapi Elektabilitas Bacawapres Naik 

Emil duduki peringkat pertama survei Litbang Kompas

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ini masih memiliki magnet kuat sebagai salah satu bakal calon wakil presiden (Bacawapres) dalam pemilihan umum (pemilu) 2024. Berdasarkan hasil survei, Ridwan Kamil atau Emil memimpin peta elektabilitas dengan angka 8,4 persen.

Posisi Emil unggul tipis dibandingkan dengan Sandiaga yang mempunyai angka keterpilihan sebesar 8,2 persen. Tingkat keterpilihan untuk keduanya selama kurun tahun 2023 terbaca mengalami penurunan.

Dalam survei pada Mei 2023 lalu, Sandiaga mempunyai elektabilitas 11,9 persen, sedangkan Emil 9,3 persen. Angkat tersebut juga turun dibandingkan hasil survei pada Januari 2023 di mana elektabilitas Sandiaga di angka 12,4 persen dan Emil 10,1 persen.

1. Ini menunjukkan rakyat konsisten memilih Emil

Ridwan Kamil Sumringah Tanggapi Elektabilitas Bacawapres Naik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil pun mengapresiasi hasil Litbang Kompas sebagai lembaga survei. Menurutnya, hasil survei itu menunjukan bahwa elektabilitas dirinya baik di mata masyarakat.

"Menunjukan pada konsistensi masyarkat," ucapnya dengan percaya diri.

2. Golkar dukung Prabowo jadi presiden

Ridwan Kamil Sumringah Tanggapi Elektabilitas Bacawapres Naik Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Dok. Golkar)

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan dukungan partai berlambang pohon beringin kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Menurut Airlangga, dukungan Golkar kepada bakal calon presiden Prabowo Subianto bukan tanpa sebab. Ia menegaskan, Prabowo bukan orang lain bagi Golkar. Sebab, Ketum Gerindra tersebut juga lahir dari Partai Golkar.

"Kenapa Partai Golkar menjatuhkan pilihan kepada Bapak Prabowo Subianto? Tidak lain, tidak bukan, karena Bapak Letjen Prabowo Subianto lahir dari rahim Partai Golkar,” ujar Airlangga saat deklarasi dukungan untuk Prabowo, Minggu (13/8/2023).

3. Golkar memercayakan estafet kepemimpinan Presiden Joko Widodo pada sosok Prabowo

Ridwan Kamil Sumringah Tanggapi Elektabilitas Bacawapres Naik Presiden Jokowi tinjau panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah bareng Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (9/3/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Ketum Golkar menegaskan, sosok Prabowo yang juga mantan kader Golkar selalu mengikuti kegiatan di partai bernomor urut empat di Pemilu 2024 ini.

"Beliau selalu mengikuti kegiatan di Partai Golkar dan kekaryaannya tidak diragukan lagi. Ini egaliter, searah, sejalan, dan setujuan dengan Partai Golkar,” kata Airlangga, menegaskan.

Menteri koordinator bidang perekonomian ini menambahkan, Golkar memercayakan estafet kepemimpinan Presiden Joko Widodo pada sosok Prabowo yang saat ini menjabat sebagai menteri pertahanan.

Baca Juga: Soal Gibran Masuk Radar Bacawapres Ganjar, Jokowi: Tanya Bu Puan!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya