Pandawara Group Ajak Warga Bandung Bersihkan Sampah di Sungai Cileunyi

Hemm masih aja banyak sampah masuk sungai

Bandung, IDN Times - Guna memperingati Hari Sungai Nasional, Pandawara Group mengajak warga Bandung bersama-sama membersihkan sampah yang menumpuk di salah satu bendungan sungai wilayah Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Hal ini disampaikan Pandawara melalui Instagram @pandawaragroup. Dari unggahan video tersebut terlihat beragam sampah menumpuk di Bendungan Bugel yang berada di Jalan Rancabango Sukarame, Cimekar, Kecamatan Cileunyi. Sampah kerap muncul ke permukaan ketika aliran sungai tersebut menyusut pada musim kemarau.

"Bukan sungai terkotor, bukan juga tempat terkotor, tapi ini bisa mencoreng nama baik Bandung Raya," kata Anggota Pandawara Group Gilang Dalam video yang diposting Instagram @pandawaragroup dikutip IDN Times, Selasa (25/7/2023).

1. Kegiatan ini lebih baik dilakukan bersama

Pandawara Group Ajak Warga Bandung Bersihkan Sampah di Sungai CileunyiPesisir Sukaraja Bandar Lampung yang dibersihkan Pandawara dan Masyarakat Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Aksi bersih-besih sampah dalam rangka peringatan Hari Sungai Nasioal di bendungan tersebut akan digelar, Rabu (26/7/2023) besok.

"Dalam memperingati Hari Sungai Nasional mala dari itu kita mengajak warga sekitar dan seluruh warga Bandung untuk membantu sampah yang ada di sini," kata Anggota Pandawara Group lainnya, M. Rafly.

Pandawara Group mengajak seluruh warga untuk ikut andil dalam membersihkan sampah yang ada di bendungan itu.

"Di hari clean up nanti kita buktikan pada seluruh masyarakat Indonesia bahwa masyarakat Bandung Raya ikut serta dan ikut andil dalam memperingati Hari Sungai Nasional," ucap Muhammad Ikhsan yang juga Anggota Pandawara Group.

2. Bingung kenapa sampah di sungai ini masih sering menumpuk

Pandawara Group Ajak Warga Bandung Bersihkan Sampah di Sungai CileunyiIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Anggota Pandawara Group lain Muhammad Rifqi mengatakan jika dia bersama teman-temannya pernah bersihkan sampah di bendungan ini, tapi sampah kembali menumpuk.

"Bendungan ini pernah kami bersihkan sebanyak dua kali salah satunya saat kita memperingati Hari Sampah Nasional pada Tanggal 21 Februari 2023 bersama volunteer dan beginilah kondisi bendungan sekarang, tidak ada air dan kita juga mendapatkan informasi bahwa sampah yang menumpuk di bendungan ini adalah kiriman dari daerah lain," ujarnya.

"Maka dari itu, setelah kondisi bendungan ini membaik, kami mencoba menelusuri hulu sungai ini dan mencari tahu mengapa sampah bermuara di bendungan ini," tambahnya.

3. Yuk ikut bersihkan sampah!

Pandawara Group Ajak Warga Bandung Bersihkan Sampah di Sungai Cileunyikonten kreator asal Bandung bernama Pandawara berencana melakukan bersih-bersih pantai di Jalan Ikan Selar, Bandar Lampung. Mereka mengklaim pantai di sana merupakan pantai terkotor nomor 2 di Indonesia. (TikTok.com/Pandawara).

Kegiatan ini akan dilaksanakan Rabu Tanggal 26 Juli 2023 pada Pukul 09.00 WIB. Untuk alamat lengkapnya ada di Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Bagi kalian warga Bandung yang berminat bergabung, silakan datang dan ikut membersihkan sungai.

Baca Juga: 300 Bank Sampah di Bandung Bisa Tukar Sampah Jadi Emas 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya