Biofarma Gelar Lomba Foto Jurnalistik dan Umum, Total Hadiah Rp58 Juta

Yuk ikutan masih ada waktu 7 hari loh 

Bandung, IDN Times - Memasuki usianya yang ke-132 tahun, Biofarma menggelar lomba foto untuk Jurnalis, masyarakat umum dan karyawan di lingkungan BUMN Farmasi.

Lomba foto tersebut merupakan rangkaian dari sejumlah kegiatan lain seperti Anniversafari, Community Fair, BiOlympics, Digital Activation, serta Bio Talkshow.

Khusus untuk lomba foto, Biofarma bekerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bandung. Perlombaan fotografi ini mengusung tema "Lensa Kehidupan di Masa Pandemi".

Peserta lomba dapat memilih berbagai sub-tema yang berkaitan dengan vaksin dan kesehatan, serta peran BUMN Farmasi dalam penanggulangan pandemi. Peserta lomba foto ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu umum, jurnalis, dan karyawan BUMN Farmasi.

1. Peserta bisa mengirimkan foto maksimal 5 karya

Biofarma Gelar Lomba Foto Jurnalistik dan Umum, Total Hadiah Rp58 JutaPresiden Joko Widodo tiba di PT Bio Farma (Persero) Bandung untuk meninjau fasilitas produksi dan pengemasan Vaksin COVID-19, Selasa (11/8/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Kepala Bagian Komunikasi Perusahaan Bio Farma, Iwan Setiawan mengatakan dalam lomba foto ini peserta dapat mengikutsertakan maksimal lima karya foto serta wajib mengikuti (follow) akun Instagram @biofarmaid, @kimiafarma.ind, @indofarma.id, dan @pfibandung.

"Kami berharap seluruh kategori dapat berpartisipasi memeriahkan ulang tahun Bio Farma, terlebih hadiah yang diberikan sangat menarik yaitu uang tunai dengan total sebesar Rp58 juta rupiah," ujar Iwan, dalam keterangan pers yang dikutip IDN Times, Minggu (24/7/2022).

Para peserta diharapkan tetap dapat bereksplorasi akan imajinasi yang mereka miliki. Hasil foto dapat dikumpulkan melalui tautan https://linktr.ee/lombafotohutbiofarma sebelum 1 Agustus 2022. Hasil karya pemenang akan dipamerkan di Puncak Acara HUT Bio Farma ke-132 pada 6 Agustus 2022.

2. Pengiriman akhir pada 30 Juli 2022

Biofarma Gelar Lomba Foto Jurnalistik dan Umum, Total Hadiah Rp58 Jutailustrasi ekosistem jurnalistik dalam teknologi immersive (IDN Times/Bayu D. Wicaksono)

Periode lomba berlangsung dari mulai 17 Juli-30 Juli 2022. Hasil dari partisipasi pada lomba fotografi ini akan dikaji lebih lanjut oleh para pakar yang telah bekerja sama dengan Bio Farma.

Pakar tersebut di antaranya M. Agung Rajasa selaku pewarta foto LKBN Antara, Beawiharta selaku visual storyteller yang dahulu pernah menjadi fotografer Reuteurs, serta juri internal dari tim Bio Farma sendiri.

3. Ini kriteria foto yang bakal memenangkan lomba

Biofarma Gelar Lomba Foto Jurnalistik dan Umum, Total Hadiah Rp58 JutaGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) didampingi Direktur Pemasaran, Penelitian dan Pengembangan Bio Farma Sri Harsi Teteki (kedua kiri) dan Rektor Unpad Rina Indiastuti (ketiga kanan) meninjau Mobile Laboratorium Bio Safety Level (BSL) 3 di gedung RSP Fakultas Kedokteran Unpad, Bandung, Jawa Barat, Jumat (12/6/2020). Bio Farma menyerahkan peminjaman Mobile Laboratorium BSL 3 pertama di Indonesia kepada Universitas Padjadjaran yang dapat digunakan untuk pemeriksaan Swab Test melalui RT-PCR pasien COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/pras

Sementara itu, Ketua PFI Bandung, Raisan Al Farisi mengatakan aspek penilaian meliputi kesesuaian tema, kreativitas, dan estetika karya. Ada pula pesan yang disampaikan bakal menjadi nilai tambah jika mengandung produk/jasa/sumber daya manusia/kegiatan sosial/brand BUMN Farmasi (Biofarma, Kimia Farma, dan Indofarma).

Kriteria penilaiannya terbagi menjadi beberapa bagian. Pertama, 60 persen aspek penilaian terletak pada estetika dan unsur fotografi yang terkandung dalam gambar.

"Kedua, 30 persen penilaian akan bergantung pada unsur keterkaitan foto dengan tema lomba dan terakhir penilaian unsur mengandung produk/jasa/sumber daya manusia/kegiatan sosial/brand BUMN Farmasi (Bio Farma, Kimia Farma, dan Indofarma)," kata Raisan.

Baca Juga: Jurnalis IDN Times Juara I Lomba Karya Tulis Mengawal UU TPKS di DRPPA

Baca Juga: Biofarma Libatkan 7 RS Swasta Percepat Vaksinasi bagi Karyawan

Baca Juga: Erick Thohir Janjikan Biofarma Mampu Produksi 250 Juta Vaksin COVID-19

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya