Asik Main Laptop di Masjid, Pencuri Mobil Dinas Gedung Sate Diringkus

Mobil yang dicuri telah diganti plat nomornya

Bandung, IDN Times - Salah satu pencuri kendaraan roda empat di halaman Gedung Sate akhirnya diringkus. Pelaku diamankan petugas keamanan Gedung Sate yang sebelumnya telah memantau pergerakannya lewat kamera pengawas (CCTV).

Kepala Biro Umum Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) Lip Hidajat mengatakan, penangkapan tersangka bermula ketika petugas yang memantau kamera pengawas melihat ada sosok yang mirip dengan pelaku pencurian yang terekam kamera CCTV. Petugas, tak sengaja melihat orang yang mirip tersebut tengah berada di masjid sekitar pukul 07.00 WIB. Petugas itu kemudian melapor ke bagian keamanan yang tengah berjaga.

Mendapat informasi tersebut pihak keamanan bergegas mendatangi masjid dan memantau apakah benar sosok ini sesuai dengan pria yang terekam sebagai pencuri kendaraan beberapa waktu lalu.

"Petugas mengintip dan mengawasi dia yang sedang main laptop. Tersangka pun merasa ada yang mengawasinya. Tak lama kemudian petugas langsung meringkusnya," kata Lip ketika dihubungi, Sabtu (9/9).

1. Kendaraan curian disimpan di parkiran Bank BRI IR H Djuanda

Asik Main Laptop di Masjid, Pencuri Mobil Dinas Gedung Sate DiringkusIDN Times/Istimewa

Setelah memastikan sosok yang mencuri sama dengan yang diringkus di masjid, petugas kemudian membawa yang bersangkutan ke pos pengamanan untuk diinterograsi. Tersangka pun mengaku bahwa telah mencuri kendaraan tersebut dan memarkirkannya di parkiran Bank BRI yang ada di Jalan IR H Djuanda (Dago).

"Plat nomornya pun sudah diganti sama tersangka," ujar Lip.

Saat ini petugas sudah menyerahkan yang bersangkutan ke petugas kepolisian untuk diselidiki lebih lanjut.

2.Tersangka diyakini sering datang ke Gedung Sate

Asik Main Laptop di Masjid, Pencuri Mobil Dinas Gedung Sate DiringkusIDN Times/Sukma Shakti

Melihat gerak gerik tersangka melalui CCTV dan hasil interograsi, Lip menyebut yang bersangkutan sering datang ke kawasan Gedung Sate dan singgah di masjid. Dengan demikian dia mengetahui betul kondisi keamanan dan tahu cara untuk lebih cepat keluar ketika membawa kendaraan.

"Pelaku ini menyebut sering ikut solat di sini," paparnya.

3. Pencurian tidak dilakukan sendiri

Asik Main Laptop di Masjid, Pencuri Mobil Dinas Gedung Sate DiringkusIDN Times/Istimewa

Menurut Lip, tersangka tidak melakukan pencurian ini sendirian, melainkan bersama temannya yang juga kerap datang ke Gedung Sate. Sejumlah alat yang digunakan untuk mencuri pun disebut berasal dari temannya.

Sementara itu, Kapolsek Bandung Wetan, Komisaris Budi Triyono belum bisa menjelaskan lebih detail atas penangkapan ini. Dia akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Polrestabes Bandung.

"Nanti saya akan koordinasi dengan dengan Kapolrestabes yah," singkatnya.

Baca Juga: Parkir di Gedung Sate, Mobil Dinas Pemprov Jabar Dicuri

Baca Juga: Ratusan Warga Gunung Tangkuban Parahu Salat Hajat Selama Sepekan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya