Antisipasi Kenaikan COVID-19 , Warga Bandung Diimbau Pakai Masker Lagi

Kemenkes pastikan ada kenaikan kasus virus corona

Bandung, IDN Times - Kasus COVID-19 menunjukan tren kenaikan di beberapa negara, termasuk Malaysia dan Singapura. Di Indonesia, virus corona juga mengalami kenaikan, tapi belum memicu lonjakan pasien di rumah sakit.

Data Kementerian Kesehatan RI melaporkan tren peningkatan kasus COVID-19, menyusul Singapura hingga Malaysia. Pada periode 28 November hingga 2 Desember tercatat sebanyak 267 kasus yang teridentifikasi positif corona.

Demi mengantisipasi lonjakan kasus Kota Bandung, Sekda Ema Sumarna mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dan dapat kembali memakai masker dan mencuci tangan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Terinformasikan pandemi kembali meningkat di beberapa negara. Saya mengimbau kalau merasa kondisi kurang fit maka masker menjadi suatu kewajiban. Bahkan untuk antisipasi, mari kita budayakan bermasker apalagi berpotensi dalam kerumunan," kata Ema, Rabu (6/12/2023).

1. Kewaspadaan harus ditingkatkan di kalangan masyarakat

Antisipasi Kenaikan COVID-19 , Warga Bandung Diimbau Pakai Masker LagiIlustrasi - Warga berdiri di dekat maneken yang dipasangkan masker di Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (28/2/2020). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Menurutnya, masyarakat harus bisa belajar dari pandemik yang terjadi selama hampir tiga tahun. Kewaspadaan tersebut bisa dengan menjaga diri dan lingkungan sekitar. Misalnya, ketika sakit dengan gejala COVID-19 seseorang harus menjaga jarak dan tidak banyak beraktivitas di luar ruangan.

Apalagi sekarang sudah masuk musim penghujan di mana penyakit seperti flu dan batuk bisa lebih sering terjadi.

"Saya minta masyarakat untuk dapat menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi dan olahraga," ujarnya.

Ema berharap, COVID-19 tidak mengalami peningkatan di Indonesia khususnya di Kota Bandung. Apabila merasakan ada gejala COVID-19, masyarakat diminta untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

2. Ada kenaikan kasus COVID-19 hingga dua kali lipat

Antisipasi Kenaikan COVID-19 , Warga Bandung Diimbau Pakai Masker Lagiilustrasi pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Kementerian Kesehatan meminta masyarakat tetap waspada terkait kasus COVID-19 di Indonesia. Staf Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Ngabila Salama, mengatakan kasus COVID-19 mulai naik.

"Kasus COVID-19 itu memang kita lihat di bulan November ada kenaikan. Di DKI misalnya, empat (kasus) jadi sepuluh sampai 12 ya naik dua kali lipat, tetapi jumlahnya kecil sekali. Kita harus melihat sebagai bentuk kewaspadaan, artinya lagi ada on going transmission, artinya lagi ada penularan COVID-19 lebih massif," ujar Ngabila, Selasa (5/12/2023).

3. Pasien terjangkit memiliki gejala ringan

Antisipasi Kenaikan COVID-19 , Warga Bandung Diimbau Pakai Masker Lagiilustrasi mengalami batuk-batuk (houstonmenthodist. org)

Meski demikian, Ngabila mengatakan bahwa imunitas atau kekebalan pasien COVID-19 cukup baik sehingga rata-rata mempunyai gejala yang ringan, bahkan ada yang tanpa gejala. 

"Rata-rata gejala ringan atau tanpa gejala, dan tidak ada kenaikan tempat tidur di rumah sakit," imbuhnya.

Baca Juga: Studi: Gejala COVID-19 Parah Tingkatkan Risiko Long COVID

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya