Anas Urbaningrum Keluar Lapas Sukamiskin, Polisi Diterjunkan

Anas merupakan pentolan partai Demokrat

Bandung, IDN Times - Kepolisian tengah menyiapkan personel untuk mengamankan pendukung Anas Urbaningrum yang akan mendatangi Lapas Sukamiskin. Rencanamya Anas akan keluar dari Lapas Sukamiskin pada Selasa (11/4/2023). 

Kapolsek Arcamanik, Kompol Adi Surjanto mengaku sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi ramainya masyarakat di sekitar lapas. 

"Kemarin ada dari HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) datang ke Polsek berkoordinasi, kemudian kami juga sudah menindaklanjuti kabar tersebut dengan Polrestabes Bandung," ujar Adi kepada wartawan, Senin (10/4/2023). 

1. Baru HMI yang meminta izin

Anas Urbaningrum Keluar Lapas Sukamiskin, Polisi DiterjunkanMantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum (IDN Times/Santi Dewi)

Menurutnya, sejauh ini baru HMI saja yang bersurat dan berkoordinasi dengan Polsek untuk penjemputan Anas Urbaningrum di Lapas Sukamiskin.

"Sementara yang ke Polsek baru HMI saja, mereka bersurat untuk koordinasi teknis dengan pelaksanaan penjemputan. Kalau sama yang lain belum ada," katanya.

Adapun dalam pengamanan, nantinya akan dilakukan dengan menyiapkan anggota di Jalan AH Nasution dan di area Lapas Sukamiskin.

"Untuk jalur AH Nasution kami floating personel, jangan sampai ada kendaraan yang parkir di pinggir Jalan AH Nasution. Kami upayakan masa itu di dalam halaman lapas, jangan sampai penjemputan jadi tidak tertib," katanya.

2. Siapkan lahan parkir tambahan

Anas Urbaningrum Keluar Lapas Sukamiskin, Polisi DiterjunkanIDN Times/Santi Dewi

Kepolisian juga sudah berkoordinasi untuk menyiapkan lahan parkir untuk para pendukung Anas Urbaningrum. 

"Parkir kendaraan kami atur juga, untuk besok itu di LPTQ dan di Rutan Perempuan, jadi tidak di lapas. Nanti mereka jalan ke halaman lapas," katanya. 

Total, kata Adi, ada 120 personel yang akan diturunkan untuk mengatur penjemputan Anas Urbaningrum oleh para pendukungnya. 

"Rencananya Insya Allah ada 120 personel, kami minta bantuan Polrestabes, dari Polsek 30 personel, sisanya dari Sabhara dan Lantas Polrestabes," ucapnya.

3. Anas minta pendukungnya tetap tertib

Anas Urbaningrum Keluar Lapas Sukamiskin, Polisi DiterjunkanAnas Urbaningrum (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Bekas Politisi Partai Demokrat Anas Urbaningrum akan keluar dari Lapas Sukamiskin karena mendapatkan Cuti Menjelang Bebas (CMB). Ribuan loyalis serta relawan akan datang dan menyambut terpidana kasus korupsi Hambalang itu.

Dengan potensi banyaknya pendukung yang datang menyambut di Lapas Sukamiskin, Anas Urbaningrum meminta agar tertib dan tidak membawa atribut di lingkungan lapas. Imbauan ini disampaikan oleh Ketua Kordinator Nasional Sahabat Anas Urbaningrum, Muhammad Rahmad.

"Mas Anas berpesan agar sahabat tidak membawa atribut apapun, termasuk tulisan tulisan. Tidak membawa senjata tajam, atau bahan yang mudah terbakar," ujar Rahmad saat dikonfirmasi, Senin (10/4/2023).

Rahmad mengungkapkan, relawan serta loyalis yang akan datang diminta tidak membuat kegaduhan yang berdampak pada lingkungan warga sekitar Lapas Sukamiskin. Dia menegaskan, agar relawan bisa tetap tertib dan ikuti aturan yang berlaku.

"Mas Anas meminta para sabahat agar sama sama menjaga ketertiban, keamanan, dan kenyamanan, sehingga lingkungan dan masyarakat sekitar tetap nyaman dan aman," ucapnya.

Baca Juga: Anas Urbaningrum Keluar Lapas Sukamiskin Besok Pukul 14:00 WIB

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya