Comscore Tracker

Bikin Haru, Potret Pernikahan di Tengah Wabah Corona dari Tujuh Negara

Cinta mereka mendobrak kesulitan wabah corona

Jakarta, IDN Times - Banyak calon pengantin yang terpaksa membatalkan rencana pernikahannya karena wabah virus corona yang memaksa manusia untuk menjaga jarak fisik. Namun, ada pula pasangan yang tetap melangsungkan pernikahan dengan tamu undangan yang terbatas dan tanpa pesta.

Ya, tidak ada lagi pesta resepsi yang dirayakan ratusan bahkan ribuan tamu. Jangankan ratusan, banyak negara memberlakukan larangan berkumpul lebih dari lima orang. Indonesia salah satunya. Ada pula negara yang lebih ekstrem aturannya, seperti Australia yang menerapkan larangan berkumpul lebih dari dua orang.

Riasan wajah mempelai perempuan yang biasanya jadi hal istimewa dalam pesta pernikahan pun kini tidak begitu berarti. Bagaimana pun nantinya sebagian besar bagian wajah akan tertutup dengan masker yang wajib digunakan ketika kita keluar rumah.

Sebagian pasangan menunda pernikahan mereka. Tapi, ada juga pasangan yang merasa berbagai halangan ini tidak menyurutkan niat mereka untuk menikah. Seperti apa suasana pernikahan di tengah pandemik? Berikut potret pernikahan di berbagai negara:

1. Johanna dan Phillipp Sofsky menikah di catatan sipil di Hanau, Jerman diantar dua orang teman mereka yang menjadi saksi

Bikin Haru, Potret Pernikahan di Tengah Wabah Corona dari Tujuh NegaraJohanna dan Phillipp Sofsky mendengarkan petugas catatan sipil Astrid Born saat upacara pernikahan keduanya di kantor catatan sipil sementara, ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) yang masih berlanjut, di Hanau, Jerman, Sabtu (2/5/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Baca Juga: Hindari Penularan Bimbingan Pernikahan di Sleman Memakai WhatsApp 

2. Ini sesi pemotretan pasangan asal Ciudad Juarez, Meksiko Gabriela Delgado dan Eduardo Dominguez, yang menunda pernikahan mereka. Kira-kira apa makna tisu toilet ini ya?

Bikin Haru, Potret Pernikahan di Tengah Wabah Corona dari Tujuh NegaraPasangan asal Meksiko Gabriela Delgado dan Eduardo Dominguez memakai masker pelindung saat mereka dibungkus dengan tisu toilet saat pengambilan foto setelah pernikahan mereka ditunda akibat penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) di Ciudad Juarez, Meksiko, Jumat (10/4/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Jose Luis Gonzalez)

3. Ini benar-benar gak biasa. Pernikahan antara Ihor Ponormarchuk dan Anna Diolomina di Rumah Sakit Klinik Militer Utama Kiev, Ukraina, saat pandemik pula!

Bikin Haru, Potret Pernikahan di Tengah Wabah Corona dari Tujuh NegaraIhor Ponormarchuk, tentara Ukraina yang terluka saat konflik militer di wilayah timur, dan mempelai wanita Anna Diolomina mengenakan masker saat tiba untuk upacara pernikahan di Rumah Sakit Klinik Militer Utama ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Kiev, Ukraina, Sabtu (2/5/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Valentyn Ogirenko)

4. Perayaan Ali Day di kantor pusat Alibaba Group di Kota Hangzhou, Tiongkok dirayakan dengan pernikahan massal 102 karyawan mereka. Wow!

Bikin Haru, Potret Pernikahan di Tengah Wabah Corona dari Tujuh Negara(Pernikahan Massal saat Ali Day) Dok. Alibaba

Baca Juga: Unik, Ini 10 Tradisi Penikahan dari Berbagai Negara di Dunia

5. Setelah menunda, Peng Jin dan Yau Bin langsung foto wedding setelah lockdwon di Wuhan, Tiongkok dicabut

Bikin Haru, Potret Pernikahan di Tengah Wabah Corona dari Tujuh NegaraPeng Jin, 24 tahun, dan Yao Bin, 28 tahun, berpose untuk foto pernikahan mereka setelah "lockdown" diberhentikan di Wuhan, ibukota provinsi Hubei dan pusat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di China, Rabu (15/4/2020). Foto diambil tanggal 15 April 2020 (ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song)

6. Pasangan pengantin Palestina di Ramallah, Tepi Barat

Bikin Haru, Potret Pernikahan di Tengah Wabah Corona dari Tujuh NegaraSeorang pengantin pria asal Palestina, Rafeh Qassim, memakai masker pelindung saat ia duduk di dalam mobil dengan pengantin perempuannya pada hari pernikahan di tengah kekhawatiran akan penyebaran penyakit virus korona (COVID-19), di Ramallah, Tepi Barat, Sabtu (18/4/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamad Torokman)

7. Kalau yang ini pasangan dalam negeri. Meski pakai masker, pengantin perempuan tetap dirias lengkap sesuai adat Sunda nih..

Bikin Haru, Potret Pernikahan di Tengah Wabah Corona dari Tujuh NegaraPernikahan di tengah pandemik virus corona di Indonesia (IDN Times/Candra Irawan)

Baca Juga: Jumlah Pernikahan di Sleman Saat COVID-19 Turun Sebanyak 20 Persen

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya