10 FOTO Suasana India saat Lockdown yang Berujung Kekacauan

Pemerintah India dinilai tidak mempersiapkan dengan baik

New Delhi, IDN Times - Perdana Menteri India Narendra Modi memberlakukan  lockdown nasional sejak 24 Maret waktu India. Penguncian secara total akan diterapkan selama 21 hari. "Seluruh negara (India) akan di-lockdown, total lockdown," kata Modi dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Selasa.

Namun, pelaksanaan lockdown di India itu mengalami kekacauan. Mulai dari kelaparan, kurangnya alat pelindung diri (APD) dan ventilator di dunia medis, hingga pekerja migran yang terabaikan, mewarnai  pelaksanaan lockdown di India.

Pidato pemberlakuan lockdown yang disampaikan Modi pun dinilai justru menciptakan kepanikan di tengah masyarakat. Cara pemerintah India yang hanya memberikan jarak empat jam dalam pemberlakuan dari waktu pemberitahuan lockdown, membuat warga tidak dapat bersiap dengan matang. 

"Polisi juga salah menangani lockdown dan banyak melakukan kekerasan," kata Associate Professor di Institut Manajemen India, Ahmedabad, Reetika Khera. 

Seperti apa penampakan kota-kota di India saat lockdown? Berikut sepuluh foto yang diambil di New Delhi dan Kolkata saat lockdown berlangsung.

1. Barikade pembatas New Delhi dan jalanan yang kosong saat lockdown nasional akan dimulai

10 FOTO Suasana India saat Lockdown yang Berujung KekacauanSeorang pria duduk di barikade pembatas New Delhi saat diberlakukan lockdown oleh pemerintah setempat, di New Delhi, India, pada 23 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi

2. Warga menjaga jarak aman saat antre di sebuah stadion yang diubah menjadi pasar sementara di tengah lockdown

10 FOTO Suasana India saat Lockdown yang Berujung KekacauanWarga menjaga jarak aman saat mengantre untuk membeli sayuran di sebuah stadion yang diubah menjadi pasar sementara saat diberlakukan penguncian (lockdown) secara nasional selama 21 hari untuk menghambat penularan virus COVID-19, di Vijayawada, selatan negara bagian Andhra Pradesh, India, Kamis (26/3/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Idrees Mohammedo)

3. Seorang penumpang kereta pada hari-hari awal lockdown diberlakukan

10 FOTO Suasana India saat Lockdown yang Berujung KekacauanSeorang pria menutup sebagian muka dengan kain sambil melihat keluar dari kereta saat diberlakukan 'lockdown' oleh pemerintah untuk mencegah penularan virus COVID-19, di New Delhi, India, Senin (23/3/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi)

4. Jalanan juga kosong melompong di negara West Bengal

10 FOTO Suasana India saat Lockdown yang Berujung KekacauanSuasana memperlihatkan jalan kosong sebelum dimulainya "lockdown" oleh pemerintah negara bagian West Bengal untuk membatasi penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Kolkata, India, Senin (23/3/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Rupak De Chowdhuri)

Baca Juga: Tak Cermat Lakukan Lockdown, India Alami Kekacauan di Dalam Negeri

5. Warga mengantre makanan gratis di depan Stasiun KA Howrah Kota Kolkata setelah lockdown diberlakukan

10 FOTO Suasana India saat Lockdown yang Berujung KekacauanPara pekerja migran menunggu dalam antrian untuk menerima makanan gratis di luar stasiun kereta Howrah setelah India memerintahkan "lockdown" nasional untuk membatasi penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Kolkata, India, Rabu (25/3/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Rupak De Chowdhuri)

Baca Juga: Ditambah India, Sepertiga Populasi Dunia Sedang dalam Lockdown

6. Kendaraan yang melintas diperiksa dengan ketat oleh petugas saat lockdown

10 FOTO Suasana India saat Lockdown yang Berujung KekacauanPolisi menghentikan kendaraan dan memeriksa dokumen mereka di jalan layang pada hari ke-21 penguncian (lockdown) secara nasional untuk menghambat penularan virus corona (COVID-19), di Kochi, India, Rabu (25/3/2020). (ANTARA FOTO/REUTERS/Sivaram V)

7. Suasana stasiun kereta di New Delhi yang biasanya sangat padat pun kini kosong melompong

10 FOTO Suasana India saat Lockdown yang Berujung KekacauanSuasana peron kosong di sebuah stasiun kereta saat diberlakukan lockdown oleh pemerintah, untuk mencegah penularan virus COVID-19, di New Delhi, India, Senin (23/3/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi)

8. Begini ketatnya penjagaan di perbatasan New Delhi saat lockdown

10 FOTO Suasana India saat Lockdown yang Berujung KekacauanSeorang polisi berjaga di perbatasan saat permberlakuan 'lockdown' oleh pemerintah sebagai upaya mencegah penyebaran virus COVID-19, di New Delhi, India, Senin (23/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi

9. Istana Kepresidenan pun dijaga barikade ketat, tapi kok ada seekor kera melenggang dengan santai ya~

10 FOTO Suasana India saat Lockdown yang Berujung KekacauanIstana Kepresidenan India saat pemberlakuan jam malam selama 14 jam untuk mencegah penularan virus COVID-19 di negara tersebut, di New Delhi, India, Minggu (22/3). ANTARA FOTO/ REUTERS/Anushree Fadnavis

10. Mirisnya, masih ada warga yang tidak kebagian makanan gratis yang dibagikan di Stasiun Howrah, Kolkata

10 FOTO Suasana India saat Lockdown yang Berujung KekacauanSeorang pekerja migran membawa bayinya setelah ia tidak mendapat makanan gratis di luar Stasiun Kereta Howrah, Kolkata, India Rabu (25/3), saat lockdown nasional dalam membatasi penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Rupak De Chowdhuri

Pembaca bisa membantu kelengkapan perlindungan bagi para tenaga medis dengan donasi di program #KitaIDN : Bergandeng Tangan Melawan Corona di Kitabisa.com

Baca Juga: 30 WNI Terjebak di India Usai Pemerintah Terapkan Lockdown

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya