Viral Ambulans Desa di KBB Tiba-tiba Terbakar Saat Terparkir

Penyebab kebakaran masih diselidiki

Bandung Barat, IDN Times - Sebuah mobil mobil ambulans hangus terbakar saat terparkir di Kantor Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Peristiwa kebakaran itu viral di media sosial.

Insiden kebakaran mobil ambulans milik Pemdes Cihanjuang itu diketahui terjadi pada Rabu (20/3/2024) pagi. Dalam rekaman video yang beredar, tampak api menyala cukup besar dengan asap membumbung dari kendaraan tersebut.

"Iya kejadiannya tadi sekitar jam 10.30 WIB. Mobil sedang diparkir, tidak dipakai sejak dua hari lalu," kata Kepala Desa Cihanjuang, Gagan Wirahma saat dihubungi.

1. Api tiba-tiba besat tanpa diawali asap

Viral Ambulans Desa di KBB Tiba-tiba Terbakar Saat Terparkir(Dok/Istimewa)

Gagan tidak tahu detail awal mula ambulans itu terbakar. Hanya saja ketika ia berada di ruang kerja mendengar suara teriakan ada kebakaran dari pegawai Desa Cihanjuang dan warga yang melintas.

Mendengar teriakan itu Gagan langsung melihat api sudah membesar. "Jadi api tiba-tiba membesar, semua langsung keluar dari kantor. Awalnya bukan ada asap atau apa dulu, tapi langsung membesar apinya," ujar Gagan.

2. Mobil tanki air dihentikan untuk padamkan api

Viral Ambulans Desa di KBB Tiba-tiba Terbakar Saat Terparkir(Dok/Istimewa)

Beruntung api bisa dipadamkan sesegera mungkin karen saat itu ada truk tangki air yang melintas. Truk tersebut langsung diberhentikan untuk memadamkan api agar tidak merembet ke kantor desa dan rumah warga.

Setelah itu petugas pemadam kebakaran juga tiba namun api keburu padam. Beruntung tidak ada ledakan dalam peristiwa kebakaran tersebut meskipun bahan bakar minyak (BBM) atau bensin mobil dalam keadaan penuh saat itu.

"Alhamdulillah padamnya cepat, dibantu sama truk tangki air yang kebetulan lewat. Yang habis bagian dalamnya, beruntung juga itu enggak sampai meledak padahal bensin full. Kalau meledak mungkin kantor desa juga terbakar," tutur Gagan.

3. Penyebab kebakaran masih diselidiki

Viral Ambulans Desa di KBB Tiba-tiba Terbakar Saat Terparkir(Dok/Istimewa)

Kantor desa belum mengetahui pasti penyebab terbakarnya mobil ambulans terdebut. Gagan menyebut saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan kepolisian. Bangkai kendaraan akan dipindahkan oleh kepolisian untuk keperluan penyelidikan.

"Bingung juga, kalau korslet kan ada sumbernya soalnya pas dipakai aman. Kami belum mau berandai-andai penyebab lain (sengaja dibakar). Dari Polsek Cisarua sudah datang untuk pemeriksaan juga," ucap Gagan.

Baca Juga: Hikayat Mama Rende, Sang Penyebar Agama Islam dari KBB

Baca Juga: Baliho Hengky Kurniawan Jilid II Dicopot Satpol PP KBB

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya