Satu Korban Longsor di KBB Ditemukan di Sungai Citarum

Korban ditemukan 15 KM dari lokasi longsor

Bandung Barat, IDN Times - Tim Sar Gabungan kembali menemukan korban timbunan longsor di Kampung Gintung, RT 03/07, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Rabu (27/3/2024) pagi.

Namun, korban yang masih anak-anak itu tidak ditemukan di titik longsor, melainkan di aliran Sungai Citarum. Korban diduga terbawa hanyut karena rumahnya yang terkubur longsor berdekatan dengan aliran sungai.

"Pada pagi hari ini pukul 07.30 WIB, posko menerima informasi terkait adanya penemuan jenazah di (Sungai) Citarum, daerah Legok Tasrip," kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung Supriono saat ditemui di Posko Bencana, Rabu (27/3/2024).

1. Korban ditemukan 15 KM dari posisi terakhir

Satu Korban Longsor di KBB Ditemukan di Sungai Citarum(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dengan ditemukannya satu korban tersebut, maka Tim SAR gabungan secara keseluruhan sudah berhasil mengevakuasi lima korban tertimbun longsor. Sedangkan lima korban lainnya hingga hari ketiga ini masih dilakukan pencarian dengan dibagi ke dalam tiga sektor.

Menurutnya, satu jenazah korban longsor tersebut ditemukan sekitar 15 sampai 20 kilometer dari Last Known Position (LKP), sehingga jaraknya memang cukup jauh.
Kemungkinan besar satu korban tersebut terbawa arus sungai karena posisi rumahnya berada tepat di atas aliran sungai, kemudian terdorong longsor.

"Jadi bisa saja korban terlempar ke sungai dan langsung hanyut karena saat itu ketinggian air di sungai itu berkisar dua sampai tiga meter dari kondisi sungai normal," ujar Supriono.

2. Korban masih anak-anak

Satu Korban Longsor di KBB Ditemukan di Sungai Citarum(Bangkit Rizki/IDN Times)

Aparat sudah menerjunkan personel Kantor SAR, BPBD KBB, dan TNI/Polri untuk melakukan evakuasi setelah menerima informasi adanya korban yang terbawa hanyu ke aliran Sungai Citarum. Jasad itu kemudian akan langsung dibawa ke RSUD Cililin untuk dilakukan identifikasi.

"Dari pengelihatan visual, korban yang ditemukan itu masih anak-anak. Kemungkinan itu korban yang awalnya ada di sektor dua," katanya.

3. Pencarian terus dilanjutkan

Satu Korban Longsor di KBB Ditemukan di Sungai Citarum(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sementara pada hari ketiga ini, Tim SAR akan kembali melanjutkan pencarian lima korban yang belum ditemukan dengan fokus pada tiga sektor, terutama sektor satu. Mereka sudah melakukan assesment terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi terkini di lokasi pencarian.

Pasalnya, kondisi titik longsor diprediksi mengalami perubahan karena guyuran hujan pada Selasa (26/3/2024) malam. Tim SAR berharap semua korban yang tersisa bisa ditemukan secepatnya.

"Kami fokus di sektor satu karena keempat korban yang ditemukan pada hari kedua, semuanya di sektor satu. Jadi, kami akan kembali memaksimalkan usaha," katanya.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Pastikan Korban Longsor di KBB Direloksi

Baca Juga: Tim DVI Polri Bantu Identifikasi Jasad Korban Tanah Longsor di KBB

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya