Curhat Pilu Korban Longsor di KBB Kala Mensos Risma Datang

Risma janjikan pemerintah akan bantu korban longsor

Bandung Barat, IDN Times - Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini menyambangi lokasi pengungsian dan dapur umum korban bencana longsor di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Senin (25/3/2024) malam.

Kesempatan itu dimanfaatkan para pengungsi untuk mencurahkan isi hati mereka usai rumah-rumah mereka 'terkubur' longsor pada Minggu (24/3/2024) malam. Seperti yang diutarakan Susi (34 tahun). Ia curahkan semua unek-unek usai kejadian pilu itu di hadapan Mensos Risma di Gor Desa Cibenda.

Gor Desa Cibenda kini dialihkan menjadi tempat pengungsian bagi seratus kepala keluarga (KK) dengan 374 jiwa korban longsor. Di tempat itu Susi bisa langsung bertatap muka dengan Risma dan mengungkapkan unek-uneknya.

"Rumah tinggal kembali, soalnya ibu bingung mau tinggal di mana," kata Suci, di depan Risma.

1. Korban longsor tak keberatan direlokasi

Curhat Pilu Korban Longsor di KBB Kala Mensos Risma Datang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dia mengatakan, Risma merespons permintaan dari semua korban terdampak longsor itu dan pemerintah akan menindaklanjutinya. "Insya Allah segera, katanya. Mudah-mudahan bisa terealisasi," ucap Suci.

Susi mengaku tidak keberatan jika harus direlokasi dari tempat tinggalnya yang sudah rata dengan tanah. Namun, dia berharap lokasi tidak terlalu jauh dari Kampung Cigintung karena aktivitas perekonomian keluarganya berada di sana semua.

"Penginnya saya di situ lagi soalnya sudah betah, kalau mau geser jangan terlalu jauh," ujarnya.

2. Suci bercerita saat longsor menerjang rumahnya

Curhat Pilu Korban Longsor di KBB Kala Mensos Risma Datang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Diiringi tangis, Suci pun menceritakan detik-detik kejadian pilu yang 'mengubur' rumahnya. Kejadian longsor itu membuat 25 rumah rusak berat karena tertimbun materia longsor, ditambah 10 orang dilaporkan hilang.

Suci beruntung masih selamat karena ketika longsor terjadi ia sedang terjebak hujan di rumah orangtuanya. Kemudian sekitar pukul 22.00 WIB ia mendapat telepon dari tetangganya yang memberi kabar bahwa rumahnya sudah rata dengan tanah.

"Pas kejadian ibu masih di rumah orangtua mau pulang mau salat tarawih cuma gak keburu hujan lagi. Jam 10 malam ada telepon rumah ibu kelongsoran abis rata sama tanah. Kalau di rumah mungkin nasib saya sama dengan tetangga yang belum ditemukan," tutur Suci.

3. Mensos Risma pastikan korban dapat bantuan

Curhat Pilu Korban Longsor di KBB Kala Mensos Risma Datang(Bangkit Rizki/IDN Times)

Usai mendengar langsung curhatan pengungsi, Risma mengatakan semua korban longsor merasa kebingungan karena sudah tidak punya tempat tinggal lagi. Ia memastikan pemerintah akan memberikan bantuan.

"Mereka rata-rata kebingungan karena rumahnya hilang. Saya yakin dari pemerintah ada, cuma tidak bisa di tempat yang lama karena kondisinya berbahaya," kata Risma.

Baca Juga: Identitas 10 Korban yang Dilaporkan Hilang Tertimbun Longsor di KBB

Baca Juga: Cerita Korban Selamat dari Tanah Longsor yang Timbun 25 Rumah di KBB

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya