Bakal Panen Raya, Bulog Bandung Pastikan Stok Beras Ramadhan Aman

Bulog prediksi panen raya bakal terjadi Maret akhir

Cimahi, IDN Times - Perum Bulog Cabang Bandung memastikan pasokan beras di wilayah Bandung Raya cukup untuk memenuhi kebutuhan bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Apalagi akhir Maret ini diprediksi masuk masa panen sehingga mereka akan melakukan penyerapan.

"Aman, stok di Bulog sampai lebaran, termasuk untuk Kota Cimahi. Stok akan terus masuk setiap harinya," kata Kepala Perum Bulog Cabang Bandung, Erwin Budiana di Cimahi, Sabtu (2/4/2024).

1. Stok beras dominan dari luar negeri

Bakal Panen Raya, Bulog Bandung Pastikan Stok Beras Ramadhan Aman(Bangkit Rizki/IDN Times)

Perum Bulog Cabang Bandung sendiri memenuhi pasokan beras untuk wilayah Bandung Raya yang mencakup Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung Sumedang.

Erwin mengatakan, penyerapan beras di gudang Bulog Bandung sejauh ini memang masih didominasi serapan dari luar negeri atau impor. Hal itu sisebabkan karena sejauh ini serapan beras lokal belum optimal karena daerah penghasil belum memasuki panen raya.

"Kalau stok selalu berdatangan, memang masih mayoritas impor karena dalam negeri belum bisa menyerap, belum ada panen raya. Tapi Insya Allah Maret-April akan ada panen, akan kami optimalkan penyerapan dari dalam negeri," ujar Erwin.

2. Belum panen raya berpengaruh terhadap harga

Bakal Panen Raya, Bulog Bandung Pastikan Stok Beras Ramadhan Aman(Bangkit Rizki/IDN Times)

Menurut dia, belum optimalnya serapan beras lokal itu juga menjadi salah satu pemicu terus naiknya harga beras di pasaran. Dia berharap setelah melimpahnya stok beras dalam negeri, harga di pasaran kembali akan mengalami penurunan sehingga tidak memberatkan masyarakat.

Perum Bulog bersama pemerintah daerah juga terus melakukan upaya untuk menjaga stabilisasi harga, seperti dengan melakukan operasi pasar murah dan pembagian bantuan cadangan pangan.

"Kalau harga naik ada ketimpangan antara supply dan demand. Mudah-mudahan kalau terus dilakukan ini (operasi pasar murah), harga terus turun di pasar," ucap Erwin.

3. Dispangtan Kota Cimahi akui harga masih tinggi

Bakal Panen Raya, Bulog Bandung Pastikan Stok Beras Ramadhan Aman(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi Tita Mariam mengatakan sejauh ini ketersediaan beras di pasar di Kota Cimahi cukup aman untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan hingga lebaran tahun ini, meski harganya diakui dia masih tinggi.

"Kalau dari stok ya aman, hasil pemantauan kami hanya harga tinggi. Kami harus cari tau penyebabnya," ujar Tita.

Baca Juga: Didampingi Mayor Teddy, Prabowo Cicipi Bakso Eks KSAD di Cimahi

Baca Juga: Viral Pria di Cimahi Diduga Culik Bocah, Polisi Ungkap Faktanya

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya