1.654 Lembar Surat Suara Pemilu 2024 di Kota Cimahi Ditemukan Cacat

KPU Kota Cimahi ajukan penggantian

Cimahi, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi menemukan sebanyak 1.654 lembar surat suara Pemilu 2024 yang mengalami kerusakan atau cacat selama proses sortir dan lipat (sorlip). Surat suara yang rusak tersebut akan segera diganti.

Berdasarkan data KPU Kota Cimahi, surat suara yang mengalami kerusakan adalah surat suara Pilpres 63 lembar, surat suara DPD 683 lembar, surat suara DPR RI 404 lembar, surat suara DPRD Provinsi 380 lembar dan surat suara DPRD Kota Cimahi 124 lembar.

"Untuk proses sorlip sudah selesai semua lima jenis surat suara Pemilu 2024, dan ditemukan kerusakan lebih dari seribu lembar," kata kata Ketua KPU Kota Cimahi, Anzhar Ishal Afryand saat dihubungi, Rabu (17/1/2024).

1. Jenis kerusakan yang ditemukan

1.654 Lembar Surat Suara Pemilu 2024 di Kota Cimahi Ditemukan CacatKetua KPU Kota Cimahi, Anzhar (Bangkit Rizki/IDN Times)

Sebelumnya, KPU Kota Cimahi menerima sebanyak 2.128.805 lembar dari lima jenis surat suara Pemilu 2024, di mana masing-masing surat suara ada sebanyak 425.761 lembar. Surat suara tersebut dilakukan sorlip di gudang logistik Pemilu 2024 di Jalan Mahar Martanegara, Kota Cimahi.

Surat suara perlu disortir dengan memperhatikan kriteria yang rusak atau cacat. Kriteria surat suara rusak atau cacat diatur dalam Keputusan KPU Nomor 1395 Tahun 2023 Tentang Pedoman Teknis Tata Kelola Logistik Pemilihan Umum.

Di antaranya hasil cetak warna surat suara tidak merata, tidak jelas, tidak terbaca, dan terdapat banyak noda, surat suara kusut/mengkerut dan sobek, warna penanda surat suara tidak sesuai dengan jenis Pemilu.

Kemudian nama dan logo partai politik tidak lengkap dan/atau tidak jelas, logo KPU tidak jelas, terdapat lubang pada kolom nomor urut atau kolom foto atau kolom nama pasangan calon sehingga menimbulkan kesan surat suara sudah dicoblos, foto calon dan/atau pasangan calon buram dan/atau berbayang dan warna lambang partai tidak sesuai dengan Keputusan KPU mengenai standar dan spesifikasi teknis nama, nomor urut, dan tanda gambar partai politik peserta Pemilu.

"Yang ditemukan selama proses sorlip itu kerusakannya ada surat suara ada nodanya, sobek dan ada warna yang pudar," ucap Anzhar.

2. KPU Kota Cimahi ajukan penggantian

1.654 Lembar Surat Suara Pemilu 2024 di Kota Cimahi Ditemukan Cacat(Bangkit Rizki/IDN Times)

Anzhar mengatakan, KPU sudah mengajukan penggantian ribuan surat suara Pemilu 2024 yang ditemukan mengalami kerusakan. Mekanisme penggantian dilakukan secara bertahap melalui KPU Provinsi Jawa Barat yang akan diteruskan ke KPU RI.

"Kami ajukan penggantian untuk surat suara yang rusak ini melalui KPU provinsi. Kami ajukan sesuai kerusakan untuk masing-masing surat suara yaitu Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Cimahi," ujar Anzhar.

3. Akan dilakukan proses setting

1.654 Lembar Surat Suara Pemilu 2024 di Kota Cimahi Ditemukan Cacat(Bangkit Rizki/IDN Times)

Meskipun ada surat suara yang rusak dan sedang diajukan penggantian, hal itu tidak menghalangi tahapan selanjutnya. KPU Kota Cimahi akan melakukan proses setting seluruh logistik Pemilu 2024 sebelum nantinya didistribusikan ke setiap PPK hingga KPPS di Kota Cimahi.

"Setelah sorlip ini tentu kami akan melakukan setting logistik Pemilu 2024. Seperti kotak suara dan sebagainya. Lalu nanti dilanjutkan dengan proses distribusi," kata dia.

Baca Juga: Jejak Hitam 3 Eks Walkot Cimahi Buat Demokrat Selektif Pilih Figur

Baca Juga: Ribuan ODGJ di Cimahi dan KBB Bisa Memilih di Pemilu 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya