Ustaz Khalid Basalamah Bisa Ceramah di Al Jabbar Asal ada Izin Polisi

Ridwan Kamil minta konten ceramah harus berkearifan lokal

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Emil turut menanggapi adanya penolakan rencana ceramah Ustaz Khalid Basalamah di Masjid Raya Al Jabbar pada acara Gazwah Weekend Festival pada Sabtu (18/3/2023).

Menurutnya, Masjid Raya Al Jabbar milik semua umat Islam, sehingga kegiatan apapun bisa dilakukan termasuk ceramah dari pemuka agama dan ustaz. Hanya saja, seluruh kegiatan ini harus tetap mengantongi izin dari pihak kepolisian.

"Namanya ceramah, siapapun pada dasarnya harus ikuti kearifan lokal di wilayah masing-masing. Setiap ada ceramah besar koordinasi dengan kepolisian," ujar Emil di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Selasa (14/3/2023).

1. Izin kepolisian sangat penting

Ustaz Khalid Basalamah Bisa Ceramah di Al Jabbar Asal ada Izin PolisiMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selama pihak kepolisian mengizinkan, Emil mengatakan, kegiatan ceramah bisa digelar di Masjid Raya Al Jabbar. Sebab, pihak kepolisian turut terlibat untuk menjaga ketertiban masyarakat, termasuk untuk cermah dari pemuka agama besar.

"Ada beberapa pengajian yang tidak jadi, misal di Masjid Atta'awun Puncak Bogor karena tidak dapat rekomendasi kepolisian, itu saja. Bukan soal boleh tidak boleh semua akan diberikan plus minus rekomendasi oleh kepolisian," ungkapnya.

2. Wagub Jabar sebut Masjid Raya Al Jabbar terbuka untuk umat

Ustaz Khalid Basalamah Bisa Ceramah di Al Jabbar Asal ada Izin PolisiMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum juga mengatakan, Madjid Masjid Raya Al Jabbar merupakan tempat ibadah milik seluruh umat Islam, sehingga tidak ada larangan untuk pemuka agama menggunakan masjid tersebut.

Hanya saja, isi ceramahnya harus membangun kesadaran keimanan, ketakwaan, rasa nasionalisme, dan kebangsaan.

"Sepanjang itu membawa kemaslahatan dan membawa tidak kemudaratan, tidak bertentangan dengan dasar negara, dan tidak membuat perpecahan, saya kira sah-sah saja, tidak masalah," ujar Uu saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (13/3/2023).

Meski begitu, Uu melarang penggunaan Masjid Raya Al Jabbar digunakan untuk memecah belah umat Islam melalui ceramahnya. Dia meminta Al Jabbar harus menjadi tempat yang menyejukkan umat.

"Sekalipun mengaku sebagai ormas Islam, tapi kalau ceramahnya hanya untuk memecah belah umat, menjelek-jelekkan kelompok satu dengan kelompok lain, saya tidak rela," ucapnya.

3. GP Ansor protes Khalid Basalamah ceramah di Masjid Raya Al Jabbar

Ustaz Khalid Basalamah Bisa Ceramah di Al Jabbar Asal ada Izin PolisiMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Untuk diketahui, rencana Ustaz Khalid Basalamah mengisi ceramah di Masjid Raya Al Jabbar pada acara Gazwah Weekend Festival ini diprotes oleh anggoa GP Ansor, Afif Fuad Saidi melalui akun Twitter @AfifFuadS, Sabtu (11/3/2023).

Menurutnya, Ustaz Khalid Basalamah dianggap salafi yang bisa memunculkan keresahan masyarakat. Dia juga menyampaikan langsung kepada Ridwan Kamil melalui cuitan.

"Pak @ridwankamil Saya kecewa kepada Bapak, sumpah. Ini masjid pemprov, dan ngasi panggung ke Khalid Baasalamah, karep e sampean gimana?" katanya.

Baca Juga: Profil Ustaz Khalid Basalamah, Viral Gegara Ucapan soal Wayang

Baca Juga: Viral Ucapan Ustaz Basalamah soal Wayang, BNPT Minta Ada Sikap Tegas

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya