UPI Terima 5.135 Calon Mahasiswa Jalur SNBT 2024 

UPI jadi PTN urutan ke lima terbanyak terima SNBT

Bandung, IDN Times - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menerima 5.135 orang pendaftar dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024. Angka ini membawa UPI meraih peringkat lima nasional sebagai PTN yang banyak menerima siswa SNBT.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Direktorat Pendidikan UPI, Asep Supriatna, Sabtu (15/6/2024). Dia memastikan capaian ini merupakan hal yang luar biasa untuk kampus pendidikan yang berlokasi di Jalan Setiabudi, Kota Bandung ini.

"UPI meraih peringkat lima terbanyak secara nasional dengan menerima sebanyak 5.135 mahasiswa pada jalur SNBT," ujar Asep.

1. Penerimaan mahasiswa tahun ini dipastikan mengalami peningkatan

UPI Terima 5.135 Calon Mahasiswa Jalur SNBT 2024 potret Gedung Isola Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) (commons.wikimedia.org)

Selain menerima calon mahasiswa baru dari jalur SNBT, UPI juga menerima 1.741 mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Jumlah mahasiswa penerima KIP itu diketahui juga meningkat dari tahun lalu.

"Jumlah pendaftar dan peserta yang diterima di UPI mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya," ucapnya.

2. Para calon mahasiswa wajib daftar ulang

UPI Terima 5.135 Calon Mahasiswa Jalur SNBT 2024 Google image

Asep menuturkan, bagi peserta yang dinyatakan lulus SNBT 2024 dan sudah melakukan pendaftaran ulang, tidak dapat diterima pada Seleksi Mandiri di UPI.

"Peserta yang dinyatakan lulus SNBT 2024 agar melakukan pengecekan jadwal pendaftaran ulang calon mahasiswa baru serta wajib melihat syarat, ketentuan dan jadwal registrasi (daftar ulang) di pmb.upi.edu," katanya.

3. Verifikasi akademik untuk mahasiswa KIP juga penting

UPI Terima 5.135 Calon Mahasiswa Jalur SNBT 2024 potret gedung isola Universitas Pendididkan Indonesia (dok. upi.edu)

Lebih lanjut, Asep menjelaskan, pada verifikasi data akademik dan registrasi ulang, peserta yang dinyatakan lulus SNBT wajib memenuhi ketentuan yaitu menunjukkan rapor asli, ijazah atay surat keterangan lulus asli, dan persyaratan lain yang ditetapkan oleh UPI.

"Bagi peserta lulus SNBT 2024 yang melamar Kartu Indonesia Pintar Kuliah, selain verifikasi data akademik, juga akan dilakukan verifikasi data ekonomi berdasarkan dokumen atau kunjungan ke alamat tinggal peserta," kata dia.

Baca Juga: Zulhas Pastikan Bima Arya dan Demul Maju Pilgub Jabar

Baca Juga: Disdik Jabar Temukan Enam KK Dalam Satu Rumah untuk PPDB

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya