Universitas Kristen Maranatha Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

UK Maranatha juga buka program studi baru di 2024

Bandung, IDN Times - Universitas Kristen (UK) Maranatha berhasil meraih akreditasi institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Keputusan akreditasi ditetapkan melalui surat keputusan No. 330/SK/BAN-PT/Ak/PT/III/2024, tertanggal 20 Maret 2024.

Rektor UK Maranatha, Prof. Ir. Sri Widiyantoro mengatakan, tercapainya akreditasi institusi Unggul tidak lepas dari upaya universitas meningkatkan mutu sejak beberapa tahun terakhir. Adapun persiapan akreditasi sudah dilakukan sejak 2020, melalui serangkaian program yang dikembangkan sebagai langkah jangka panjang.

"Perkembangan UK Maranatha beberapa tahun terakhir semakin cepat, sehingga dianggap layak untuk mengikuti proses reakreditasi," ujar Sri melalui keterangan resmi, Kamis (4/4/2024).

1. Akreditasi institusi sangat penting

Universitas Kristen Maranatha Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT(Istimewa)

Sri memastikan, keunggulan universitas sangat bergantung pada sumber daya manusia (SDM) yang dimilikinya. Lebih lanjut, Sri menjelaskan pentingnya akreditasi Unggul bagi mahasiswa dan alumni.

"Akreditasi institusi unggul dan akreditasi internasional yang telah berhasil diraih oleh beberapa program studi membuka peluang bagi mahasiswa untuk berkarya lebih baik di masa depan, baik di dalam maupun di luar negeri," katanya.

Peningkatan mutu UK Maranatha tidak hanya terbukti dengan diraihnya akreditasi Unggul dari BAN-PT. Dalam setahun ini, UK Maranatha juga telah mendapatkan akreditasi internasional dari AQAS dan ASIIN.

2. Ada program studi yang sudah terakreditasi internasional

Universitas Kristen Maranatha Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT(Istimewa)

Ketua Satuan Penjaminan Mutu UK Maranatha, Joni mengatakan, ada lima program studi yang telah terakreditasi internasional yaitu Program Sarjana dan Profesi Kedokteran yang telah terakreditasi ASIIN, kemudian Program Sarjana Desain Interior, Program Sarjana Akuntansi, dan Sarjana Manajemen telah terakreditasi AQAS.

"Tiga prodi lainnya, yaitu Program Sarjana Sastra Inggris, Sastra Jepang, dan Sastra China baru saja selesai menjalani visitasi dari AQAS bulan Februari 2024," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha (YPTKM), Orias Petrus Moedak mengatakan, akreditasi Unggul memiliki nilai penting karena menunjukkan posisi Universitas di mata masyarakat. Akreditasi juga dapat berfungsi sebagai alat untuk mengevaluasi pencapaian Universitas.

"YPTKM ikut mengkaji risiko operasional, keuangan, hukum, dan reputasi secara rutin. Yayasan turut menyiapkan bukti konkret untuk mendukung target akreditasi yang ingin dicapai," tutur Orias.

3. Tahun ini UK Maranatha buka program studi baru

Universitas Kristen Maranatha Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PTIlustrasi waktu (freepik.com/freepik)

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset, Dr. Se Tin mengatakan, UK Maranatha membuka program baru. Menurutnya, hal ini merupakan bagian dari inovasi Universitas untuk menyesuaikan perkembangan dan kebutuhan industri. Tahun sebelumnya, Maranatha telah membuka Program Doktor Ilmu Manajemen.

"Tahun ini UK Maranatha membuka Program Magister Teknik Sipil. Perkuliahan angkatan pertama akan dimulai pada bulan September 2024 ini," kata dia.

Baca Juga: Seribu Anak Unjuk Kabisa dalam Lomba Tari BIDC di Kampus Maranatha

Baca Juga: Dihadapan Mahasiswa Unpar, Ganjar Ajak Anak Muda Berani Masuk Parpol 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya