Ulama Jabar Abdul Chalim Resmi Jadi Pahlawan Nasional 

Persetujuan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo

Bandung, IDN Times - Pemerintah pusat menyetujui penobatan pahlawan nasional pada tokoh sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama (NU) asal Majalengka, Abdul Chalim. Persetujuan ini dilakukan berdasarkan usulan Pemprov Jabar beberapa waktu lalu.

Ketua Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Jawa Barat, Reiza D. Dienaputra mengatakan, usulan Abdul Chalim sebagai pahlawan nasional dilakukan bersama dengan beberapa nama lainnya.

"Alhamdulillah (Abdul Chalim) masuk jadi satu di antara enam pahlawan nasional yang akan ditetapkan pada tanggal 10 November (nanti)," kata Reiza saat dikonfirmasi, Rabu (8/11/2023).

1. Abdul Chalim merupakan tokoh pendiri NU

Ulama Jabar Abdul Chalim Resmi Jadi Pahlawan Nasional Ilustrasi Nahdatul Ulama (NU). (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sosok Abdul Chalim sendiri merupakan ulama dari tatar Sunda yang ikut mendirikan organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdatul Ulama. Meski begitu, jarang masyarakat yang mengetahui sejarah perjalanan Abdul Chalim dalam mendirikan NU.

"Jadi beliau itu adalah tokoh pendiri NU dan satu-satunya ulama yang berhasil di tatar Sunda yang mendirikan Nahdlatul Ulama dan tidak banyak orang yang tahu itu. Jadi akhirnya ditetapkan dia bersama dengan lima pahlawan nasional dari provinsi lainnya," katanya.

2. Gelar pahlawan nasional disetujui langsung Presiden Jokowi

Ulama Jabar Abdul Chalim Resmi Jadi Pahlawan Nasional Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menyetujui usulan enam nama tokoh pahlawan nasional dari usulan beberapa provinsi. Gelar pahlawan ini juga sudah berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 115-TK-TH2023 tertanggal 6 November 2023.

Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan, anugerah pahlawan nasional diberikan karena sudah sesuai dengan persyaratan.

"Pahlawan nasional disematkan pada siapa yang mendapat anugerah gelar pahlawan nasional itu adalah mereka yang memenuhi syarat. Syaratnya banyak, misalnya sudah wafat, berjuang, tidak pernah berkhianat, itu syarat umum," ujar Mahfud, Rabu (8/11/2023).

3. Selain Abdul Chalim ada lima tokoh lainnya

Ulama Jabar Abdul Chalim Resmi Jadi Pahlawan Nasional Presiden Joko “Jokowi” Widodo beri arahan dalam Rakornas BMKG 2022. (dok. YouTube Info BMKG).

Selain itu, Mahfud menjelaskan, ada beberapa syarat lain yang harus ditempuh dalam pemberian gelar pahlawan nasional. Dia memastikan enam tokoh yang diusulkan dan telah disetujui presiden sudah memenuhi semua syarat yang berlaku.

"Tapi syarat umum maupun syarat khusus itu ditetapkan sepenuhnya oleh presiden. Jadi presiden yang menganugerahi gelar pahlawan nasional itu," katanya.

Berikut ini enam nama yang dianugerahkan gelar pahlawan nasional tahun ini:

1. Almarhum Ida Dewi Agung Jambe, Bali 

2. Almarhum Bataha Santiago, Sulawesi Utara

3. Almarhum M Tabrani, Jawa Timur

4. Almarhum Ratu Kalinyamat, Jawa Tengah

5. Almarhum KH Abdul Chalim, Jawa Barat

6. Almarhum KH Ahmad Hanafiah, Lampung

Baca Juga: Jokowi Setujui Gelar Pahlawan Nasional Asal Lampung KH Ahmad Hanafiah

Baca Juga: Ini Pahlawan Nasional RI Paling Fenomenal, Jasanya Tak Terlupakan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya