Tok! Melly Goeslaw-Atalia Kamil Dipastikan Lolos DPR RI Dapil Jabar I

Dapil Jabar satu mayoritas diisi wajah baru

Bandung, IDN Times - Politisi Partai Golkar, Atalia Praratya dipastikan lolos dan menduduki satu kursi anggota DPR RI dari Dapil Jawa Barat I. Selain istri dari Ridwan Kamil itu, nama penyanyi Melly Goeslaw dari Partai Gerindra juga mendapat satu kursi.

DPR RI dari Dapil Jawa Barat I sendiri meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi. Adapun kuota kursi yang disediakan oleh KPU RI untuk Dapil ini hanya tujuh.

Berdasarkan hasil akhir pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi oleh KPU Jawa Barat, kemudian dihitung menggunakan metode Sainte Lague, ada tujuh nama yang dipastikan lolos dan melenggang ke Senayan.

1. Farhan tidak lolos DPR RI

Tok! Melly Goeslaw-Atalia Kamil Dipastikan Lolos DPR RI Dapil Jabar IIDN Times/Istimewa

Tujuh nama yang dipastikan melenggang ke Senayan ini yaitu Partai Golkar dengan Atalia Praratya dan Nurul Arifin. Partai Gerindra mengirim satu orang yaitu Melly Goeslaw. Sementara PDIP sang petahana Junico B.P Siahaan masih mempertahankan kursinya.

Selain itu, PKB satu kursi yang akan diisi oleh Habib Syarief Muhammad. Kemudian, PKS satu kursi oleh Ledia Hanifa, setelah itu ada Partai Demokrat satu kursi diisi oleh H. Fathi.

2. Nasdem kalah dengan PKB dan Partai Demokrat

Tok! Melly Goeslaw-Atalia Kamil Dipastikan Lolos DPR RI Dapil Jabar IIDN Times/Istimewa

Sementara itu beberapa petahana DPR RI dari Dapil Jawa Barat I banyak yang berguguran, salah satunya ialah M. Farhan dari Partai Nasdem. Raihan suara presenter kondang ini belum mampu menggeser beberapa caleg baru.

Raihan suara Farhan sendiri mencapai 52.545 suara. Jika dibandingkan dengan caleg dari PKB, Habib Syarief Muhammad, dan caleg Partai Demokrat H. Fathi, Farhan menang. Sayangnya raihan suara sah partai Nasdem dan caleg hanya memperoleh 121.629. Jika dihitung dengan metode Sainte Lague, Farhan tidak lolos.

3. Partai Golkar raih dua kursi DPR RI Dapil Jawa Barat

Tok! Melly Goeslaw-Atalia Kamil Dipastikan Lolos DPR RI Dapil Jabar Ifakta Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil (instagram.com/ataliapr)

Adapun cara menghitung metode Sainte Lague yaitu perolehan suara partai dan caleg dari hasil pleno tingkat provinsi, kemudian dibagi bilangan ganjil, mulai dari satu, tiga, lima, tujuh. Setelah itu keluar beberapa nama caleg dari masing-masing partai dengan perolehan suara terbanyak.

Metode Sainte Lague sendiri merupakan perhitungan yang sudah disepakati oleh KPU RI untuk menentukan caleg DPR RI, dan DPRD provinsi dan kabupaten kota.

Berikut rincian caleg yang lolos ke DPR RI dari Dapil I Jabar berdasarkan penghitungan Sainte Lague:

Golkar 2 kursi (366.052)
Atalia Praratya 234.063
Nurul Arifin 63.203

Gerindra 1 kursi (215.807)
Melly Goeslaw 75.369

PDIP 1 kursi (161.710)
Junico B.P Siahaan 56.516

PKB 1 kursi (138.013)
Habib Syarief Muhammad 51.801

PKS 1 kursi (360.248)
Ledia Hanifa 131.455

Demokrat 1 kursi (131.385)
H. Fathi 39.048

Baca Juga: Caleg Komedian DPD RI Dapil Jabar: Komeng Lolos, Ogi SOS Gigit Jari

Baca Juga: Peta Kemenangan Prabowo-Gibran di Jabar Berdasarkan Hasil Pleno KPU 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya