Tidak Dapat Kursi di Senayan, PPP Raih Enam Kursi di DPRD Jabar

Raihan PPP di DPRD Jabar capai 1.163.771 suara

Bandung, IDN Times - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dipastikan tidak mendapatkan kursi di DPR RI. Hal itu diputuskan berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat nasional oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat.

Suara partai berlambang Ka'bah ini tidak memenuhi ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen. Pada Pemilu 2024 ini PPP hanya memperoleh suara 5.878.777 suara atau 3,873 persen.

1. Suara PPP mengalami kenaikan di Jawa Barat

Tidak Dapat Kursi di Senayan, PPP Raih Enam Kursi di DPRD JabarPlt Ketua Umum PPP, Mardiono hadir di Konser Salam Metal di SUGBK (IDN Times/Istimewa)

Meski tidak mendapatkan kursi di DPR RI, partai yang dibentuk pada masa Orde Baru itu mampu meraih kursi di DPRD Jawa Barat. Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi oleh KPU Jawa Barat, PPP memperoleh enam kursi dari 15 daerah pemilihan (Dapil).

Hal ini juga dibenarkan oleh Plt. Sekretaris DPW PPP Jabar, Zaini Shofari. Dia mengatakan, partainya masih banyak dicintai warga Jawa Barat, sehingga mampu meraih enam kursi legislatif.

"Pileg 2024 ini, PPP Jawa Barat menuntaskannya dengan meraih enam kursi DPRD Jabar. Mengalami kenaikan 100 persen dibanding Pileg 2019. Sebanding dengan raihan suara sebanyak 1.163.771 pemilih," ujar Zaini, Kamis (21/3/2024).

2. Caleg terpilih dari mayoritas muka baru

Tidak Dapat Kursi di Senayan, PPP Raih Enam Kursi di DPRD JabarPlt Ketum PPP, Muhamad Mardiono bersama calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo (IDN Times/Istimewa)

Zaini mengungkapkan, perwakilan PPP di DPRD Jawa Barat berasal dari enam Dapil yang berbeda-beda. Adapun mayoritas yang akan mengisi kursi legislatif tingkat provinsi ini diisi oleh wajah-wajah baru.

Dari enam caleg yang lolos ke DPRD Jawa Barat, Zaini sendiri mendapatkan satu kursi dari Dapil Jabar XI yang meliputi Kabupaten Sumedang, Majalengka, Subang.

"Dengan seluruh muka baru, insya Allah legislator PPP Jawa Barat terpilihi ini diharapkan lebih bertenaga, visioner, dan merakyat," katanya.

3. Caleg PPP lolos ke DPRD Jawa Barat berasal dari enam Dapil

Tidak Dapat Kursi di Senayan, PPP Raih Enam Kursi di DPRD JabarKetua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muchammad Romahurmuziy. (www.instagram.com/@romahurmuziy)

Lebih lanjut, Zaini berharap, enam kursi yang diraih partainya di DPRD Jawa Barat akan menjadi niatan yang tulus untuk memperbaiki bangsa, khususnya di Jawa Barat. Kepercayaan masyarakat pemilih PPP akan menjadi pondasi kuat di legislatif nantinya.

"Terpenting, mampu melayani masyarakat dan mengawal agenda kerakyatan dengan menuntaskannya," kata dia.

Adapun Caleg DPRD Jabar terpilih dari PPP:

1. Zaini Shofari (Dapil Jabar XI)
2. Muhamad Romli (Jabar VI)
3. Dedi Damhudi (Jabar V)
4. Arief Maoshul Affandy (Jabar XIII)
5. Aten Munajat (Jabar XIV)
6. Uden Dida Effendi (Jabar XV)

Baca Juga: Disparbud Jabar: Pantai Karang Papak Bakal Jadi Destinasi Premium

Baca Juga: Perusahaan di Jabar Wajib Bayar THR H-7 Sebelum Lebaran

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya