Syarikat Islam Dukung Ridwan Kamil Nyapres, Berharap Duet dengan Anies

Meskipun masih dini SI dukung RK duet dengan Anis Baswedan

Bandung, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Syarikat Islam (SI) Jawa Barat (Jabar) mendukung Ridwan Kamil alias RK maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Bahkan, RK disebut bisa menang jika berduet dengan Anies Baswedan.

KH Nandang Koswara, Ketua DPW SI Jabar mengatakan RK selama ini dinilai memiliki kapasitas sebagai pemimpin muda yang dibutuhkan Indonesia di situasi saat ini. Ia juga melihat RK selalu membuat kebijakaan berpihakan pada masyarakat.

"Tentu visi misi pak Emil (Ridwan Kamil) didukung walau masih dini. Tapi kita tetap memberikan dukungan melalui proses yang akan berjalan ke depan," ujar Nandang melalui keterangan resmi, Senin (9/5/2022).

1. Duet Anies dan RK berpotensi menang

Syarikat Islam Dukung Ridwan Kamil Nyapres, Berharap Duet dengan AniesDPW SI Jabar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Nandang bilang, RK bisa saja memenangi Pilpres 2024 jika diduetkan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurutnya, keduanya sangat pas jika nantinya maju pada pilpres yang akan digelar dalam dua tahun ke depan itu.

"Jika Anies Baswedan berduet dengan Ridwan Kamil, kalau perhitungan manusia pasti menang. Mohon maaaf agak vulgar tapi kita tidak basa-basi dalam hal itu," katanya. 

2. Berharap ada manuver duet Anies dan Ridwan Kamil

Syarikat Islam Dukung Ridwan Kamil Nyapres, Berharap Duet dengan AniesDPW SI Jabar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Baik Anies Baswedan dan RK, Nandang menilai dua tokoh itu merupakan angkatan muda yang memiliki komitmen keberpihakan pada rakyat. Duet keduanya juga merupakan keinginan jamaah dakwah-dakwah yang sering digelar SI.

"Anies dan Ridwan Kamil duet. Memang saat ini serba memungkinkan dengan siapapun. Tapi Syarikat Islam berharap, dari dakwah-dakwah kelompok kecil, kita berharap ada manuver ke arah situ (duet Anies-Ridwan Kamil)," katanya.

3. GNIJ deklarasikan Ridwan Kamil presiden 2024

Syarikat Islam Dukung Ridwan Kamil Nyapres, Berharap Duet dengan AniesRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Hingga saat ini, dukungan RK untuk maju dalam Pilpres 2024 terus berdatangan, dalam beberapa waktu lalu, Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ) mendeklarasikan orang nomor datu di Jabar itu masuk sebagai calon presiden.

Bahkan, mereka mendeklarasikan Ridwan Kamil maju pada Capres 2024 di sepuluh provinsi Indonesia. "Hingga saat ini ada sekitar tujuh sampai sepuluh provinsi yang akan deklarasi dukung Ridwan Kamil Capres 2024. Itu akan dilakukan dalam waktu dekat," ujar Juru bicara GNIJ, Nunung Sanusi, melalui keterangan resminya, Senin (11/4/2022).

4. GNIJ deklarasikan Ridwan Kamil di beberapa provinsi di Jabar

Syarikat Islam Dukung Ridwan Kamil Nyapres, Berharap Duet dengan Anies ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Selain itu, Nunung bilang, gerakan deklarasi akan dilakukan dari Aceh hingga Papua. Adapun sebelumnya ada beberapa kelompok GNIJ dari provinsi di luar jawa yang sudah mendeklarasikan diri mendukung Capres 2024.

"Pertama tim relawan Provinsi Lombok deklarasi dukungan untuk Ridwan Kamil pada 12 April. Lalu pada ada 14 April 2022, Provinsi Papua dan Aceh berbarengan mendeklarasikan dukungannya. Dilanjut pada 15 April yakni Provinsi Sumut. Berikutnya pada 17 April di Provinsi Batam," ungkapnya.

Baca Juga: Pengamat: Isu Agama Minim Jika Anis-Ridwan Kamil Maju di Pilpres 2024

Baca Juga: Anis Baswedan dan Ridwan Kamil Berpotensi Jadi Pasangan Capres 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya