Soal Penembakan Kantor MUI, Wagub Jabar: Warga Jangan Terpancing! 

Uu dorong kepolisian menyelesaikan persoalan ini

Bandung, IDN Times - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum memberi komentar soal penembakan kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat. Uu meminta masyarakat agar menyerahkan semuanya ke pihak kepolisian.

Politisi PPP ini mendorong agar masyarakat tidak main hakim sendiri dan menyerahkan semuanya pada aparat penegak hukum. Masyarakat juga harus menunggu semua keputusan dari pihak kepolisian.

"Masyarakat tolong lah jangan buat teror seperti itu, oleh karena itu masyarakat jangan kepancing dan jangan main hakim sendiri," ujar Uu, Rabu (3/5/2023).

1. Uu nilai banyak aksi teror yang mengatas-namakan Islam

Soal Penembakan Kantor MUI, Wagub Jabar: Warga Jangan Terpancing! IDN Times/Humas Jabar

Menurutnya, saat ini aksi terhadap umat Islam tergolong banyak, sehingga peristiwa yang membawa unsur keagamaan muncul. Seharusnya, aksi teror ini tidak terjadi, apalagi membawa simbol umat Islam.

"Situasi dan kondisi hari ini orang mungkin yang memanfaatkan isu agama untuk memecah belah bangsa. Karena isu agama mudah sekali orang tersentuh keimanannya. Karena MUI adalah simbol keragaman, mitra pemerintah," ungkapnya.

2. Uu tegaskan umat Islam tidak terpancing

Soal Penembakan Kantor MUI, Wagub Jabar: Warga Jangan Terpancing! Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum (IDN Times / Istimewah)

Selain aksi penembakan di kantor MUI, peristiwa yang menyangkut umat muslim terjadi di Kota Bandung. Seorang Imam Masjid Al-Muhajir menjadi korban perbuatan tidak menyenangkan oleh Bule Australia.

"Sekarang ada yang imam masjid diludahi jadi kayak yang sengaja. Mungkin ada kelompok lain yang menyentuh nuansa keagamaan supaya umat Islam saling berantem, saling adu sehingga terjadi hal chaos dan mereka bahagia. Apapun teror pada umat Islam tolong jangan terpancing," kata dia.

3. Polisi masih cari motif penembakan kantor MUI

Soal Penembakan Kantor MUI, Wagub Jabar: Warga Jangan Terpancing! Logo Majelis Ulama Indonesia (MUI) (IDN Times/Mui.or.id)

Polisi mengamankan seorang pria berinisial M (60 tahun) dari peristiwa penembakan kantor MUI. M diduga mejadi pelaku penembakan kantor MUI yang kondisinya kini sudah wafat. Untuk motif dari penembakan sendiri masih belum diketahui.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin mengatakan, aparat masih akan mendalami motif penembakan yang dilakukan oleh pelaku.

“Motif (penembakan) masih didalami,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (2/5/2023).

Baca Juga: Ketua MUI Lampung Mukri Kecam Penembakan Kantor MUI oleh Warga Lampung

Baca Juga: MUI Bekasi Minta Polri Cari Dalang Kasus Penembakan di MUI Pusat

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya