Soal Banjir Gedebage Kiriman KCIC, Oded Segera Hubungi Bupati KBB

Oded sebut banjir kali ini beda dari biasanya

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung mencatat adanya 259 kepala keluarga (KK) atau 1.100 jiwa yang terdampak banjir di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, pada Sabtu (25/1). Banjir yang merendam beberapa perumahan tersebut, konon terjadi akibat dari pembangunan Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC).

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengatakan, bahwa ia akan segera koordinasi dengan instansi lainnya untuk menanggapi dugaan banjir karena buntut pembangunan KCIC.

"Kita koordinasikan dengan teman-teman Kabupaten Bandung dengan Pak Bupati dan dari pihak KCIC, akan dievaluasi seperti apa," ujar Oded kepada wartawan di lokasi bajir Gedebange, Sabtu (25/1).

Baca Juga: Sekjen Sunda Empire: Kekaisaraan Sunda Lebih Tinggi dari PBB

1. Jumalah yang terdampak banjir sudah ratusan KK

Soal Banjir Gedebage Kiriman KCIC, Oded Segera Hubungi Bupati KBBIDN Times/Azzis Zulkhairil

Oded menjelaskan, sampai saat ini jumlah masyarakat yang terdampak banjir Gedebage sudah mencapai ratusan KK. Sehingga ia meminta, Dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung turut turun tangan menangani masyarakat yang terdampak.

"Kata Sekretaris Kecamatan (Sekcam) kurang lebih dari 259 KK itu sekitar 1100 jiwa yang mengalami kejadian (banjir) ini, saya minta ke Kadis PU dicek, dilihat apa penyebanya," ungkap Oded.

Baca Juga: Hujan Deras Diprediksi Guyur Bandung, BPBD Siaga Ancaman Banjir

Baca Juga: 4 Kecamatan di Bandung Terendam Banjir, Ketinggian Air Sampai 150 Cm

2. Banjir kali ini berbeda dari banjir biasanya

Soal Banjir Gedebage Kiriman KCIC, Oded Segera Hubungi Bupati KBBWalikota Bandung, Oded M Danial. (IDN Times/Bagus F)

Selain itu, Oded menyebut kejadian banjir badang di wilayah tersebut baru pertama kali terjadi. Pasalnya banjir di wilayah itu biasanya mudah surut, tidak seperti sekarang ini.

"Ini baru pertama kali, walau disinyalir karena banyak hal bisa terjadi. Di Sapan (Kabupaten Bandung) seberang tol lebih besar airnya dan balik lagi ke sini," katanya.

Baca Juga: Dinilai Ubah Sejarah, Roy Suryo Laporkan Sunda Empire ke Polisi

3. Banjir sempat mencapai satu lutut orang dewasa

Soal Banjir Gedebage Kiriman KCIC, Oded Segera Hubungi Bupati KBBIlustrasi Banjir (IDN Times/Lia Hutasoit)

Di tempat yang sana , Ketua RW 8, Oping Arifin mengatakan, banjir di wilayahnya tidak merata. Kata dia, ada beberapa rumah yang terendam banjir dan ada yang tidak terdampak. Namun untuk jalan umum jelas terendam.

"Banjir parahnya saat Sabtu (24/1) malam. Tingginya selutut orang dewasa. Kalau sekarang mulai surut, ketinggiannya 30-60 cm," kata Oping.

Baca Juga: Keanehan Kerajaan Sunda Empire, dari Bill Gates hingga Jack Ma 

4. Diksar PB siapkan perahu untuk evakuasi

Soal Banjir Gedebage Kiriman KCIC, Oded Segera Hubungi Bupati KBBIDN Times/Azzis Zulkhairil

Dihubungi terpisah, Kabid Kesiapsiagaan, Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB (Diskar PB) Kota Bandung, Yusuf Hidayat mengatakan, Diskar PB sudah berjaga dan tengah menyiapkan dua perahu karet untuk diturunkan membantu evakuasi warga yang terdampak banjir.

"Perahu ada dua unit, bantuan dengan Dinsos dan Dinkes melalui puskesmas setempat dan unsur kewilayahan," ujar Yusuf saat dihubungi, Sabtu (25/1).

"Selain itu, Dinas PU juga melakukan penyedotan air untuk minimalisir genangan," tambahnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya