Ridwan Kamil Urutan Pertama Calon Wapres Pilihan Projo

Ridwan Kamil kalahkan Sandiaga Uno dan Airlangga Hartato

Bandung, IDN Times - Nama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menduduki urutan pertama sebagai calon Wakil Presiden Hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia yang dibidangi para pendiri Projo (Pro Jokowi). Adapun Musra digelar sejak beberapa hari kemarin di Kota Bandung.

Musra ini berisikan 5.721 peserta yang dilibatkan untuk memilih capres dan cawapres yang akan diusung di Pilpres 2024. Nama Ridwan Kamil sendiri mendapatkan 2.225 suara atau 38,89 persen.

"Disusul Airlangga Hartarto dengan raihan suara 758 atau 13,25 persen, dan ketiga ada Erick Thohir dengan raihan suara 733 atau 12,81 persen. Nama lainnya adalah Arsjad Rasjid sampai Puan Maharani," ujar Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea pada media, Rabu (31/8/2022).

1. Basis Emil di Jabar sangat kuat

Ridwan Kamil Urutan Pertama Calon Wapres Pilihan ProjoGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain nama itu, Andi mengatakan ada juga Anies Baswedan hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang masuk ke dalam nama yang disurveykan. Menurutnya, Emil memiliki popularitas yang baik di Jabar, sehingga orang nomor satu di Jabar ini mendapatkan dukungan kuat.

"Basis dukungan untuk Ridwan Kamil sangat kuat di Jabar," ungkapnya.

Hasil dari Musra ini juga akan disampaikan langsung pada Presiden Jokowi. Di sisi lain, panita Musra Indonesia telah mendapatkan izin untuk mengumumkan hasil musyawarah ke publik.

2. Sosok presiden masih diduduki oleh Jokowi

Ridwan Kamil Urutan Pertama Calon Wapres Pilihan ProjoPresiden Jokowi rapat dengan sejumlah pemimpin lembaga (dok. Sekretariat Presiden)

Selain soal Wapres, Andi menjelaskan, dukungan terhadap sosok presiden juga turut dilakukan penilaian. Adapun dari hasil musyawarah, sosok yang masih didorong adalah Presiden Joko "Jokowi" Widodo dengan1.704 atau 29,79 persen. Kemudian, disusul Sandiaga Uno sebanyak 968 pemilih atau 16,92 persen.

"Ketiga ada Ganjar Pranowo yang mendapatkan suara 921 atau 16,10 persen, disusul Prabowo Subianto dengan suara 635 atau 11,10 persen," kata Andi.

Selain itu, di urutan kelima ada Anies Baswedan dengan raihan suara 516 atau 9,02 persen, dan Ridwan Kamil berada di urutan keenam dengan suara 296 atau 5,17 persen.

3. Program prioritas turut dibahas dalam Musra Indonesia

Ridwan Kamil Urutan Pertama Calon Wapres Pilihan ProjoRelawan Jokowi gelar musyawarah rakyat (musra) di 34 provinsi (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Andi memastikan, acara Musra Indonesia ini juga menampung aspirasi soal program prioritas harapan rakyat. Misalnya, perkembangan isu ekonomi terkini, terutama terkait upah dan harga BBM yang belakangan diwacanakan kenaikannya oleh pemerintah.

"Selanjutnya terkait program yang bersifat infrastruktur, para peserta tampak berpreferensi atas kerja pemerintah yang terlihat dan terasa hasilnya," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Figur Ideal Jadi Presiden 2024, Projo: Biar Gak Jomplang

Baca Juga: Prabowo Puji Jokowi, Projo: Biasa Aja, Seluruh Rakyat Juga Memuji

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya