Ridwan Kamil Resmi Ditugaskan Golkar Maju Pilgub Jabar 2024

Ridwan Kamil satu-satunya nama yang diusung Partai Golkar

Bandung, IDN Times - Teka-teki langkah Ridwan Kamil di Pemilu 2024 mulai terang benderang. Mantan Gubernur Jawa Barat itu kini ditugaskan untuk maju kembali pada Pilgub Jabar periode kedua, bukan untuk DKI Jakarta.

Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar, MQ Iswara mengatakan, Ketua Umum Airlangga Hartarto sudah memberikan surat tugas pada beberapa nama untuk maju dalam Pilkada 2024. Diputuskan ada 1.117 orang calon gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakilnya, wali kota serta wakilnya.

"Jawa Barat sendiri untuk calon Gubernur hanya satu nama pak Ridwan Kamil. Nah kemudian di 27 kabupaten kota se-Jawa Barat ada 44 nama," ujar Iswara saat dikonfirmasi, Rabu (22/11/2023).

1. Dalam surat tugas ada beberapa hal yang harus dilakukan

Ridwan Kamil Resmi Ditugaskan Golkar Maju Pilgub Jabar 2024Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Saat disinggung surat tugas apakah mengikat atau bisa berubah saat mendekati Pilkada 2024, Iswara menjelaskan, surat itu hanya menjelaskan para nama yang sudah dipilih menjalankan tugas untuk memenangkan pileg, pilpres, hingga mensosialisasikan diri sebagai bakal calon kepala daerah.

"Tugasnya membantu konsolidasi di setiap wilayahnya. Yang kedua membantu memenangkan pileg dan pilpres di wilayahnya. Yang tentunya mensosialisasikan menjadi bakal calon di wilayahnya," katanya.

2. Pengurus pusat akan melakukan evaluasi

Ridwan Kamil Resmi Ditugaskan Golkar Maju Pilgub Jabar 2024Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Meski begitu, Iswara memastikan, semua nama yang sudah ditunjuk termasuk Ridwan Kamil nantinya akan dilakukan evaluasi. Sehingga semua kemungkinan-kemungkinan menurutnya bisa saja terjadi.

"Ya itu akan dievaluasi secara periodik, bahkan dalam surat tugas tersebut diminta untuk setiap satu bulan sekali melaporkan kegiatannya," kata dia.

3. Airlangga Hartarto pastikan Ridwan Kamil maju Pilgub Jabar periode dua

Ridwan Kamil Resmi Ditugaskan Golkar Maju Pilgub Jabar 2024Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Untuk diketahui, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto memastikan telah menyiapkan sejumlah nama untuk menjadi bakal calon gubernur (cagub) di berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa namanya ialah Airin Rachmi Diany sebagai Cagub Banten, hingga Ridwan Kamil Cagub Jawa Barat (Jabar).

"Ya kalau untuk Ibu Airin sekaligus Ketua TKD (di Banten), kemudian Pak Ridwan Kamil di Jabar, Khofifah Jawa Timur, sementara untuk DKI ialah Pak Zaki," ujar Airlangga dalam jumpa pers di kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Baca Juga: Ridwan Kamil hingga Khofifah Dicalonkan Golkar Maju Pilgub 2024

Baca Juga: 7 Momen Ridwan Kamil Nonton Coldplay Bareng Istri, Bisa Foto Langsung!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya