Ridwan Kamil Banyak Dapat Laporan Soal Pemotongan BLT BBM

Ridwan Kamil berencana buat tim pengawas penyaluran BLT BBM

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil mengatakan bahwa dirinya banyak menerima laporan masyarakat soal adanya dugaan pemotongan BLT BBM oleh oknum di kabupaten dan kota di Jabar.

Dari banyaknya laporan ini, Emil mengatakan, saat ini ia tengah menyiapkan sejumlah langkah praktis untuk mencegah adanya potongan-potongan BLT BBM ke masyarakat yang ada di Jabar.

"Iya itu banyak sekali (laporan pemotongan BLT BBM), saya sedang susun tim. Jadi ada yang dipotong, ada yang disengaja salah sasaran jadi macam-macam," ujar Emil usai menghadiri kegiatan Sekoper Cinta di Jalan Turangga, Kota Bandung, Senin (19/9/2022).

1. Pengawasan penting dilakukan dalam tahap awal penyaluran ini

Ridwan Kamil Banyak Dapat Laporan Soal Pemotongan BLT BBMWarga Kota Bandung penerima BLT BBM subsidi (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Langkah pencegahan harus dilakukan sedini mungkin dengan membentuk tim pengawasan BLT BBM ini. Menurutnya, penyaluran juga masih dalam tahap awal dan akan ada evaluasi dari pemberian bantuan langsung pada masyarakat ini.

"Mumpum bulan pertama ya, kami lakukan evaluasi, dan sekarang laporan gampang tinggal ditelusuri," ucapnya.

2. Penyaluran sudah mencapai 45,51 persen

Ridwan Kamil Banyak Dapat Laporan Soal Pemotongan BLT BBMWarga Kota Bandung penerima BLT BBM subsidi (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jabar, Dodo Suhendar mengatakan, hingga saat ini persentase penyaluran BLT BBM di Jawa Barat sudah mencapai 45,51 persen atau mencapai 1.767.527 keluarga penerima manfaat (KPM).

"Persentase penyaluran sampai Rabu (14/9/2022) sore kemarin sudah mencapai sekitar 45 persen," kata Dodo, melalui keterangan resmi, Sabtu (17/9/2022).

Dodo menjelaskan, lewat BLT BBM setiap KPM akan menerima Rp150.000 per bulannya selama empat bulan, terhitung bulan September hingga Desember 2022.

"Total bantuan yang diterima setiap KPM sebesar Rp600.000. Bantuan disalurkan dengan dua tahap, setiap dua bulan sekali," ucapnya.

3. Warga Sumedang mengaku mendapat potongan BLT BBM Rp30.000

Ridwan Kamil Banyak Dapat Laporan Soal Pemotongan BLT BBMIlustrasi pungli. (IDN Times/Sukma Shakti)

Dikutip dari berbagai sumber, pemotongan BLT BBM ini diduga terjadi di Kabupaten Sumedang. Seorang warga mengaku mendapatkan potongan Rp30 ribu untuk kegiatan gerak jalan yang diadakan di Kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara.

Seorang warga yang mengetahui adanya potongan bantuan ini, Dadang mengatakan, bahwa ia baru kali pertama menerima bantuan yang dipotong untuk kegiatan yang diadakan oleh tokoh masyarakat sekitar.

Namun, pernyataan Dadang ini dibantah oleh Lurah Talun, Rinny Mulyati. Dia mengatakan, pembelian kupon gerak jalan bukan sebuah paksaan. Sebab, kupon itu bertujuan untuk kegiatan masyarakat yaitu memperingati Hari Jadi Desa Talun.

Baca Juga: Hanya Ada 2,7 Juta Keluarga di Jabar Dapat BLT BBM

Baca Juga: AHY Sindir BLT BBM Digunakan Jokowi, PDIP: Beda dengan Era SBY

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya